Jawa Pos

Ingin Curi Ilmu Basket dari AS

-

TIM putri SMA Diponegoro Blitar mencuri perhatian di Loop 3X3 Competitio­n National Championsh­ip 2015. Sebagai debutan, tim itu tak pernah mau diremehkan dan tak pernah meremehkan lawan. Mereka pun menjadi juara dan terbang ke Amerika Serikat November nanti.

Perjuangan Roziah dan kawan-kawan memang luar biasa. Mereka pantas mendapatka­n yang terbaik. Roziah bersama Siti Nur Khotimah, Rita Panasari, dan Dena Retnadia memulai perjalanan dari Loop 3X3 Competitio­n 2015 di Blitar. Mereka bersaing dengan belasan tim dan berhasil lolos untuk selanjutny­a mengikuti seleksi di Loop 3X3 Competitio­n di Kota Malang.

’’Kemudian, kami lolos lagi dan akhirnya bisa ke sini. Bisa juara, kami sangat bersyukur,’’ ucap Roziah saat diwawancar­ai Jawa Pos.

Dia menyatakan, para orang tua terkejut saat dikabari bahwa tim mereka menang dan mendapat hadiah ke Amerika. ’’Ada yang menangis. Mereka terharu. Dan bilang kerja keras kami tidak sia-sia,’’ sambungnya.

Sesuai dengan informasi dari panitia, mereka akan mendapat pelatihan dari pelatih basket terkenal di AS. Mereka bakal diajak ke markas salah satu klub NBA. ’’Katanya ke LA dan beberapa tempat lainnya,’’ ungkap Roziah.

Hadiah tersebut membuat Roziah dan temanteman­nya makin bergairah untuk terus menekuni basket. Di AS nanti, Roziah dkk berniat mencuri banyak ilmu bermain basket.

Roziah dkk selama ini berlatih di klub basket Pelangi, Blitar. Berbagai kejuaraan sudah diikuti. Termasuk berlatih tanding dengan tim universita­suniversit­as di sana.

Roziah sebenarnya berasal dari Kalimantan Timur. Dia sekarang juga terdaftar sebagai atlet basket Kalimantan Selatan untuk PON 2016. ’’Bapak asuh saya orang Kalsel,’’ ungkapnya.

Bagaimana bisa sampai ke Blitar? Ceritanya berawal ketika dia bersekolah di SMPN 1 Sangatta Utara, Kutai Timur. Dia menjadi salah seorang pemain basket yang aktif berlatih di sana. Melihat perkembang­an Roziah yang pesat, sang pelatih lalu menawarkan hijrah ke klub Pelangi. ’’Katanya, lewat basket saya bisa dapat beasiswa juga,’’ kata anak pertama dari tiga bersaudara itu. (ydh/c19/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia