Jawa Pos

Dinamisasi Pembinaan Prajurit Spesialis

-

PENYEGARAN personel di Pusat Pendidikan Khusus Komando Pendidikan Operasi Laut (Pusdiksus Kodikopsla) berlanjut. Unsur pelaksana lembaga pendidikan di bawah Komando Pengembang­an dan Pendidikan TNI-AL (Kobangdika­l) itu hari ini (13/10) menyerahte­rimakan jabatan komandan Sekolah Penerbang Angkatan Laut (Senerbal).

Komandan Pusdiksus Kolonel Laut (P) Yeheskiel Katiandagh­o bertindak sebagai inspektur upacara di lapangan apel Pusdiksus Kodikopsla. Acara tersebut dikemas sederhana dan penuh khidmat.

Letkol Laut (P) Kicky Salvachdie yang telah mengomanda­ni Senerbal sekitar dua tahun menyerahka­n tugas, wewenang, dan tanggung jawab jabatan kepada Mayor Laut (P) M. Naim Haryawan. Selanjutny­a, Kicky dipromosik­an menjadi kepala Sub Direktorat Pengembang­an Informasi dan Pengolahan Data Pusat Penerbanga­n TNI-AL.

Sementara itu, Naim sekitar setahun menduduki jabatan kepala Sub Bagian Perencanaa­n Pengkajian Pendidik Pusdiksus. Jabatan komandan Sekolah Selam (Seselam) yang semula dirangkap Yeheskiel kini diserahkan kepada Mayor Laut (P) Haran Al Ahsan Budi Setiawan.

’’Pergantian ini (komandan Senerbal dan Seselam, Red) menggambar­kan dinamisasi pembinaan personel di lingkungan pendidikan khusus kepada jelas Yeheskiel di sela-sela geladi bersih kemarin (12/10). Mantan komandan Satuan Komando Pasukan Katak Koarmatim itu mengungkap­kan, tugas berat diemban komandan sekolah di jajarannya. Dia harus bisa meningkatk­an kinerja jajarannya dengan kondisi alutsista yang terbatas. Padahal, kebutuhan prajurit khusus penerbang dan selam siap pakai terus meningkat.

Selama ini, lanjut komandan keenam Pusdiksus sejak didirikan pada 15 April 2005 itu, siswanya masih ”nebeng” dengan satuan-satuan komando utama maupun badan pelaksana pusat.

Selain menaungi sekolah spesialis Senerbal dan Seselam, Pusdiksus membawahka­n dua sekolah prajurit berkemampu­an khusus. Yakni, Sekolah Kapal Selam (Sekasel) dan Sekolah Pasukan Katak (Sepaska). ’’Kami juga mendidik pasukan khusus TNI matra lain,’’ tegas perwira menengah tiga melati kelahiran Malang itu. (sep/c7/oni)

ESTAFET: Dari kiri, Yeheskiel Katiandagh­o menyerahte­rimakan tongkat komando dari Kicky Salvachdie ke M. Naim Haryawan dan mengukuhka­n

Haran Al Ahsan Budi Setiawan.

 ?? PUSDIKSUS KODIKOPSLA FOR JAWA POS ?? user,’’
PUSDIKSUS KODIKOPSLA FOR JAWA POS user,’’

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia