Jawa Pos

Geser Jalur Turun-Angkut Penumpang

-

SIDOARJO – Pengguna jasa Bandara Juanda harus mulai beradaptas­i dengan kebijakan baru ini. Setelah memindahka­n jalur off point (menurunkan dan mengangkut) kendaraan pribadi di T2, manajemen bandara akan memberlaku­kan kebijakan serupa di T1. Rencananya, aturan baru itu berlaku mulai pekan depan.

’’Kami sudah merancang dan drop zone penumpang yang aman dari sisi keselamata­n maupun kenyamanan untuk faktor pelayanan,’’ ungkap Manajer Sistem Keselamata­n, Manajemen Kualitas, dan Layanan Konsumen Angkasa Pura (AP) I Juanda Efrizal Chaniago kemarin (12/10).

Bedanya, fasilitas di T1 berupa atap peneduh dari panas maupun hujan sudah siap. Di T2 fasilitas tersebut masih akan dibuat dalam waktu dekat.

Dia menjelaska­n, kendaraan umum seperti taksi dan travel nanti menempati jalur dalam. Dengan cara itu, pemerasan atau pemalakan diharapkan tidak terulang. Selama ini, aksi kriminalit­as sering terjadi di lajur luar yang sulit terpantau petugas keamanan.

Chaniago menjelaska­n, pihaknya menyiapkan standard operating procedure di T2 selama atap peneduh belum terpasang. Khususnya ketika terjadi hujan yang diperkirak­an mulai turun pada November. ’’Kalau pas hujan, kendaraan pribadi bisa menurunkan penumpang di lajur 3 lini 1 di depan tempat taksi atau kendaraan umum karena darurat,’’ lanjutnya.

Sebagai perusahaan pelat merah, jajarannya sedang mematangka­n rancangan atap peneduh T2 yang aman dan nyaman. Desain atap di atas lini 2 akan dibuat serupa lini 1 dengan pertimbang­an estetika. Berbeda halnya dengan bentuk atap peneduh di T1 berupa rangkaian knock down menyerupai scaffoldin­g atau struktur besi penyangga yang disusun menjadi atap. (sep/c6/oni)

 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? drop
pick-up AGAR TERTIB: Kendaraan penjemput dan pengantar di T1 Juanda akan digeser ke lajur luar. Lokasi tersebut akan diberi kanopi.
ANGGER BONDAN/JAWA POS drop pick-up AGAR TERTIB: Kendaraan penjemput dan pengantar di T1 Juanda akan digeser ke lajur luar. Lokasi tersebut akan diberi kanopi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia