Jawa Pos

Pengurus Baru DPW PKS Diumumkan Besok

-

SURABAYA – Musyawarah Wilayah (Muswil) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dimulai hari ini (13/10). Beberapa agenda disiapkan, termasuk pelantikan kepengurus­an di tingkat wilayah.

Selama dua hari, hajat besar dewan pimpinan wilayah itu akan dilaksanak­an di Aula WTC Surabaya. Sedikitnya 300 kader akan hadir di tempat tersebut. Pembukaan dimulai pukul 09.00 oleh Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf.

Ketua Steering Committe Muswil PKS Irwan Setiawan menyebut beberapa agenda yang dilaksanak­an hari ini. Selain pembukaan, akan diadakan sidang komisi, pembahasan kebijakan, dan sikap politik. ’’Pembahasan itu dilaksanak­an di pleno,’’ katanya.

Pengumunan dan pelantikan kepengurus­an yang baru dilaksanak­an besok. Menurut rencana, draf kepengurus­an dibacakan perwakilan dari Dewan Pengurus Pusat PKS. ’’ Tiga unsur akan disampaika­n sekaligus pelantikan.’’ tuturnya.

Muswil yang diadakan PKS itu berbeda dengan partai lain. Di muswil tersebut, tidak ada pemilihan pimpinan tiga unsur itu. Semua ditetapkan DPP berdasar hasil pemilihan umum internal. Artinya, belum ada yang tahu siapa ketua dewan pengurus wilayah (DPW), majelis penasihat wilayah (MPW), maupun dewan syariah wilayah (DSW).

Irwan menegaskan, muswil hanya menyelengg­arakan pemilihan umum internal. Pemilihan itu memunculka­n beberapa nama calon. Hasilnya sudah disetor ke DPP. ’’Tinggal menunggu hasil olahan dari DPP,’’ ucapnya.

Dia tidak menyebut siapa yang berpotensi menjadi ketua DPW PKS Jatim. Alasannya, sebelum diumumkan DPP, kader di Jawa Timur belum ingin tahu. ’’Mereka menunggu saat pengumuman dan pelantikan saja,’’ ujar pria yang juga anggota DPRD Jatim tersebut.

Kegiatan tersebut mengangkat tema berkhidmat kepada rakyat itu adalah rangkaian penutup. Sebelumnya, PKS sudah menyelengg­arakan banyak kegiatan. Antara lain, jalan sehat, pelatihan, dan pemberdaya­an ekonomi.

Ketua DPW PKS drh Hamy Wahyuniant­o berharap muswil berlangsun­g sesuai dengan recana. Beruntung, karakter kader PKS sangat kompleks. Karena itu, Hamy yakin persoalan yang terjadi di seputar muswil tidak akan memicu emosi mereka. ’’Semua akan diselesaik­an secara damai,’’ ungkap Hamy. (riq/c15/oni)

 ?? DOK/JAWA POS ?? Hamy Wahyuniant­o
DOK/JAWA POS Hamy Wahyuniant­o

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia