Jawa Pos

Pilkada Landai, Waspadai Pilkades

-

SURABAYA – Dinamika politik di Jatim menjelang perhelatan pilkada serentak menjadi perhatian Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi. Apalagi, Jatim termasuk daerah yang menyelengg­arakan pilkada. Sembilan belas kabupaten/kota se-Jatim akan melaksanak­an coblosan serentak pada 9 Desember.

”Kami terus memantau. Sejauh ini masih landai-landai saja,” kata Sumardi saat berdiskusi dengan awak redaksi Jawa Pos di Graha Pena Surabaya kemarin (15/10).

Meski saat ini telah memasuki masa kampanye, suasana keamanan di Jatim relatif kondusif. Meski begitu, jajaran Kodam V/Brawijaya tetap waspada. Terutama menyongson­g kampanye dengan pengerahan massa yang akan berlangsun­g mendekati hari H pemungutan suara.

Sumardi mengatakan, pihaknya justru mewaspadai potensi kerusuhan dari pelaksanaa­n pemilihan kepala desa alias pilkades. ’’Saya justru lebih khawatir kerusuhan di pilkades,’’ tutur jenderal kelahiran Boyolali, Jawa Tengah, 56 tahun lalu, tersebut.

Sumardi mengatakan, pilkades rawan disusupi pihak-pihak yang tidak bertanggun­g jawab karena momen tersebut sering dipakai sebagai ajang taruhan perjudian. Sebaliknya, pada ajang pilkada, masyarakat dinilai sudah lebih dewasa.

Saat berkunjung, Pangdam di- dampingi beberapa jajaran Kodam V/Brawijaya. Di antaranya adalah Asisten Intelijen Kol Inf Edi Nurhasad, Wakil Kepala Penerangan Letkol Inf Heriyadi, dan Wakil Asisten Teritorial Letkol Inf Bambang Utomo. Tampak pula Kepala Staf Korem 084/Bhaskara Jaya Letkol Inf Agung Dwi dan Komandan Kodim 0832/Surabaya Selatan Letkol Inf Bangkit Widodo. (sep/ c10/ca)

 ??  ??
 ?? NANANG PRIANTO/JAWA POS ?? MEMORI: Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi (kiri) dan Pemred Jawa Pos Nurwahid melihat foto suporter semburat.
NANANG PRIANTO/JAWA POS MEMORI: Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Sumardi (kiri) dan Pemred Jawa Pos Nurwahid melihat foto suporter semburat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia