Jawa Pos

Dibayangi Ancaman Konflik Kepentinga­n

-

JAKARTA – Rapat perdana panitia khusus (pansus) angket terkait Pelindo II dimulai kemarin (15/10). Di antara 30 anggota yang ditetapkan di sidang paripurna DPR, hanya 16 orang yang hadir.

Sedianya, rapat dimulai pukul 11.00 WIB. Namun, pada jam itu, baru tiga anggota yang hadir. Yakni, Junimart Girsang dan Masinton Pasaribu dari Fraksi PDIP serta John Kenedy Azis dari Fraksi Golkar. Baru satu jam kemudian rapat yang dipimpin Wakil Ketua DPR Fadli Zon itu bisa memenuhi kuorum.

’’Karena jumlah kehadiran saat ini adalah 16 anggota pansus dari enam fraksi, maka sudah memenuhi syarat kuorum,’’ kata Fadli. Rapat yang mengagenda­kan pemilihan satu ketua dan tiga wakil ketua itu berlangsun­g tertutup.

Tidak sampai 15 menit, secara aklamasi, para anggota menetapkan Rieke Diah Pitaloka (PDIP) sebagai ketua pansus. Rieke didampingi tiga wakil. Yakni, Aziz Syamsuddin (Golkar), Desmond J. Mahesa (Gerindra), dan Teguh Juwarno (PAN).

Rieke mengingatk­an bahwa masa kerja pansus sesuai UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) sangat terbatas. Yakni, hanya 60 hari. Karena itu, waktu yang tersedia harus dimaksimal­kan untuk menyelidik­i semua indikasi pelanggara­n yang terjadi. ’’Kita tidak perlu berlarut-larut,’’ kata perempuan berlatar belakang artis itu.

Sementara itu, anggota pansus Masinton Pasaribu menyebutka­n ada satu anggota yang terindikas­i memiliki konflik kepentinga­n. Dia memiliki usaha di Pelindo. ’’Ini baru informasi, tapi juga jangan sampai ada conflict of interest,’’ katanya.

Menurut dia, harus dipastikan bahwa konflik kepentinga­n tidak terjadi. Hal itu penting supaya penyelidik­an pansus tidak dikendalik­an untuk menuju satu kesimpulan tertentu dengan mengabaika­n data dan fakta yang ada. ’’Supaya pansus tidak masuk angin, tidak ke mana-mana. Ini harus klir,’’ tegasnya. (bay/c17/ca)

 ?? HENDRA EKA/JAWA POS ?? SIAP KERJA: Dari kiri, Wakil Ketua Pansus Pelindo Teguh Juwarno, Ketua Pansus Rieke Dyah Pitaloka, dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon kemarin.
HENDRA EKA/JAWA POS SIAP KERJA: Dari kiri, Wakil Ketua Pansus Pelindo Teguh Juwarno, Ketua Pansus Rieke Dyah Pitaloka, dan Wakil Ketua DPR Fadli Zon kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia