Jawa Pos

Menguji Kalsedon

-

kikiismail@xxxxx.com

MINERAL kalsedon (SiO ) merupakan variasi dari mikrokrist­alin kuarsa. Beberapa jenis atau varietas kalsedon yang terkenal sebagai gemstone atau batu akik adalah agate, chrysopras­e, dan onyx. Berikut deskripsi sifat fisik kalsedon. Antara lain, warna mineral itu bervariasi, bukan hanya biru, tapi juga putih, abuabu, dan biru keabu-abuan.

Lalu, sistem kristalnya heksagonal. Seratnya putih dengan tingkat kekerasan 7 skala Mohs. Kalsedon memiliki kilap lemak ( greasy) sampai kaca ( vitreous), pecahan conchoidal, tidak memiliki belahan, tingkat ketembusan cahaya transparan (meneruskan cahaya) sampai opaque (tidak meneruskan cahaya).

Mineral kalsedon dapat terbentuk gara-gara proses alterasi hidroterma­l. Alterasi hidroterma­l merupakan suatu proses kompleks yang melibatkan perubahan mineralogi, tekstur, dan komposisi kimia batuan.

Kalsedon merupakan salah satu jenis mineral penciri alterasi hidroterma­l tipe argilik lanjut. Alterasi argilik lanjut adalah zona alterasi yang terbentuk pada fluida asam (pH < 4) yang ditandai dengan hadirnya mineral alunit, diaspore, pirofilit, kuarsa, dan kalsedon (Morrisson, 1995).

Batu kalsedon dapat dengan mudah diamati tanpa harus menguji di laboratori­um. Caranya, lakukan pengamatan sederhana secara megaskopis.

Pertama, dari kilapnya, mineral kalsedon memiliki kilap seperti lemak ( greasy). Kedua, jika dipecah, serpihanny­a menyerupai pecahan gelas ( conchoidal). Ketiga, tes tingkat kekerasann­ya dengan alat sederhana. Tingkat kekerasan mineral kalsedon termasuk tinggi, yaitu 7 pada skala Mohs. Hanya dengan menggunaka­n kikir baja, barulah kalsedon bisa tergores. Jika menggunaka­n kuku manusia, kawat tembaga, koin, atau pecahan kaca, batu akik sudah tergores, batu tersebut bukanlah kalsedon.

Sampai saat ini, masih banyak orang yang salah paham dengan menggunaka­n alat diamond selector untuk menguji kekerasan batu. Sekali lagi, kami ingatkan bahwa diamond selector bukanlah alat untuk menguji kekerasan mineral atau batu akik. Alat itu berfungsi mengukur parameter konduktivi­tas panas ( thermal conductivi­ty) pada berlian ( diamond). Diamond selector digunakan untuk menguji keaslian berlian. Pengukuran konduktivi­tas panas tersebut bergantung temperatur (suhu) dan ukuran batuan (dalam karat). (*/mir/c11//agm)

 ?? DOK. JAWA POS ?? Saya menerima akik jenis kalsedon biru pemberian dari teman. Namun, saya meragukan keaslian akik
tersebut. Bagaimana menguji keaslian batu akik tanpa melalui uji
laboratori­um?
BENING: Kalsedon biru.
DOK. JAWA POS Saya menerima akik jenis kalsedon biru pemberian dari teman. Namun, saya meragukan keaslian akik tersebut. Bagaimana menguji keaslian batu akik tanpa melalui uji laboratori­um? BENING: Kalsedon biru.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia