Jawa Pos

Kebakaran Hutan di 2 Lokasi

-

HUTAN rakyat di Dusun Craken, Desa Sumberharj­o, Kecamatan Pacitan, terbakar kemarin. Angin yang bertiup kencang membuat api cepat menjalar dan melahap semak belukar kering karena musim kemarau yang tak kunjung berakhir. Insiden yang sama terjadi di Desa Sooko, Kecamatan Punung.

Peristiwa kebakaran di Dusun Craken tersebut kali pertama diketahui saksi mata sekitar pukul 11.30. Api sudah terlihat membesar dan berasal dari timur makam desa setempat. Api dengan cepat menyebar ke arah barat dan mendekati permukiman penduduk. ’’Semak belukar di hutan rakyat yang ditanami jati juga ludes,’’ ujar Sunarto, warga setempat.

Dia menuturkan berusaha mendekati sumber api dan memadamkan­nya bersama warga sekitar dengan cara tradisiona­l. Namun, kobaran api terlalu besar hingga warga memilih mundur. Kobaran api terus bergerak dan akhirnya membakar rumput kering di tepi kawasan permukiman penduduk.

Tidak lama kemudian, petugas pemadam kebakaran dari UPT PMK Dinas Cipta Karya, Tata Ruang, dan Kebersihan (DCKTRK) Pacitan tiba di lokasi kejadian. Petugas langsung melokalkan kobaran api agar tidak merembet ke tempat lain. Kepala UPT PMK DCKTRK Pacitan Bambang Supriyanto memastikan, tidak ada korban jiwa atau material atas peristiwa itu. ’’Sebagian besar yang terbakar adalah semak belukar,’’ jelasnya.

Api diperkirak­an berasal dari sisa pembakaran sampah. Dugaan itu berdasar keterangan warga yang sempat melihat adanya orang yang membakar sampah. ’’Kebakaran diduga berasal dari sisa pembakaran sampah,’’ tuturnya. (her/yup/c22/any)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia