Jawa Pos

Moreno Gantikan Gomez

-

Tiga anak buahnya yang cedera itu adalah penyerang Christian Benteke, attacking midfielder Roberto Firmino, dan bek kiri Joe Gomez.

Nama terakhir disebut bahkan harus mengakhiri musimnya lebih cepat. Pemain bernama Joseph Gomez itu dilaporkan mengalami cedera anterior cruciate ligament (ACL) lutut kanan. Itu dialami Gomez saat membantu timnas Inggris U-21 mengalahka­n Kazakhstan U-21 tiga gol tanpa balas dalam lanjutan Kualifikas­i Euro U-21 2017 Selasa lalu (13/10).

Sehari setelah laga, pemain berusia 18 tahun itu menjalani scan terkait dengan keluhan pada lutut kiri. Dilansir Liver- pool Echo, Kamis kemarin waktu setempat (15/10) diumumkan bahwa Gomez mengalami cedera pecah ACL dan harus meninggalk­an harapannya bermain musim ini selama sembilan bulan, atau hingga Premier League berakhir.

’’ Yang saya tahu, dia mengalami cedera ACL. Sekarang saya menunggu informasi seberapa parah cederanya. Gomez segera menjalani operasi,’’ ucap Klopp dalam konferensi pers tadi malam sebagaiman­a dikutip dari situs resmi klub. Itu merupakan cedera paling parah dalam sepanjang karir man tan pemain Charlton Athletic musim lalu itu.

Tanpa Gomez, bakal ada lubang di sisi kiri pertahanan Liverpool. Sekalipun tidak 100 persen, lima dari delapan pe- kan Liverpool di Premier League posisi itu menjadi milik Go mez. Hanya Alberto Moreno yang menjadi pengganti Gomez. Untuk melawan Spurs nanti, Moreno yang akan dipasang Klopp di sisi kiri pertahanan.

Gomez mampunyai kelebihan dalam dribbling dan permainan bola pendek. Whoscored menyatakan, akurasi passing bola pendek Gomez mencapai 83 persen. Catatan itu termasuk yang tinggi di antara penggawa Liverpool lainnya. Hanya, sebagaiman­a layaknya pemain muda, performa dia belum stabil.

Bersama dia, serangan Liverpool kadang lebih bagus di sisi kiri. Kadang-kadang sisi itu juga lebih lemah. Saat pertanding­an terakhir sebelum jeda internasio­nal, Gomez mem- buat sisi kiri Liverpool mendominas­i hingga 38 persen saat diimbangi FC Sion di Anfield da lam laga Eu ro pa League awal Oktober lalu.

Sementara itu, posisi asli Moreno bukan fullback seperti Gomez. Pemain asli Spanyol itu adalah gelandang kiri. Tanpa Gomez, opsi mendatangk­an bek kiri timnas Jerman Jonas Hector pada Januari nanti lebih besar. ’’ Tetapi, kami akan tetap ber upaya agar Gomez bisa pulih lebih cepat,’’ kata Klopp.

Daily Mail menyebutka­n, federasi sepak bola Inggris FA akan menanggung semua gaji Gomez untuk sembilan bulan ke depan. ’’Semoga tidak apa-apa dengan dia,’’ harap pelatih timnas Inggris U-21 Gareth Southgate sebagaiman­a dilansir dari The Guardian. (ren/c4/ham)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia