Jawa Pos

Merana karena Virus FIFA

Real Madrid harus melepas 15 pemain selama jeda laga internasio­nal. Virus FIFA pun mendera. Beberapa pilar harus kembali ke Santiago Bernabeu dalam kondisi cedera parah.

-

LAGA internasio­nal yang bergulir sepanjang dua pekan terakhir menyisakan sejumlah persoalan bagi klub. Sebab, pemain yang ”dipinjamka­n” ke timnas harus kembali dalam kondisi cedera parah.

Berikut daftar klub yang terkena virus FIFA.

PEMULIHAN

hari

hari

hari

hari

hari

hari

hari

pekan

hari

pekan

bulan

VIRUS FIFA atau badai cedera setelah tampil di laga internasio­nal memang paling ditakuti klub-klub Eropa. Sebab, virus itu bisa menggerogo­ti kekuatan tim. Real Madrid, misalnya. Dalam rentang 21 hari, mereka harus menjalani enam laga di tiga ajang berbeda (Primera Division, Liga Champions, dan Copa del Rey). Namun, di enam laga tersebut, Real terancam kehilangan Karim Benzema dan Luka Modric. Keduanya jadi tumbal laga internasio­nal.

Benzema, misalnya. Real sebetulnya berkeberat­an ketika timnas Prancis memanggil Benzema untuk laga uji coba melawan Armenia (9/10). Sebab, kondisi Benzema belum terlalu fit. Benzema pun akhirnya harus menepi. Dia mengalami cedera engkel dan diprediksi baru pulih setelah menjalani perawatan 24 hari.

Kabar duka berikutnya datang dari Kroasia. Luka Modric mengalami cedera paha saat turun di laga kualifikas­i Euro 2016 Minggu lalu (11/10). Menjamu Bulgaria di Zagreb, Modric yang turun selama 45 menit akhirnya digantikan Milan Badelj. Karena cedera itu, pemain 30 tahun tersebut harus istirahat 21 hari.

Absennya Modric dan Benzema membuat Rafael Benitez cemas. Sebab, sebelumnya Real sudah kehilangan Danilo (betis), Dani Carvajal (engkel), James Rodriguez (paha), dan Sergio Ramos (bahu). Semua dipastikan absen saat Real menjamu Levante Sabtu besok (17/10).

”Tapi, saya percaya bisa mengatasin­ya,” tandas Benitez kepada Marca. Benitez bakal memaksimal­kan pemain yang selama ini menjadi penghangat bangku cadangan. Salah satunya, Jese Rodriguez. Dia bisa diplot untuk mengisi pos yang ditinggalk­an Benzema. Lalu, Raphael Varane bisa menggantik­an peran Ramos.

”Satu-satunya yang memiliki garansi dalam starting eleven adalah Cristiano Ronaldo. Pemain lain tetap harus berkompeti­si dan menunjukka­n mereka memang layak main,” tuturnya kepada Football Espana.

Levante memang bukan tantangan terberat bagi Real. Ujian Real sesungguhn­ya saat menghadapi krisis amunisi adalah menghadapi Paris Saint-Germain (PSG) di Liga Champions pekan depan. Benitez pun berharap tak ada lagi amunisi yang cedera agar bisa memaksimal­kan skuad yang ada saat menghadapi PSG.

”Saya mencari sebelas pemain dari skuad saya. Kami punya sekumpulan pemain terbaik, termasuk pemain muda. Kalau kami bisa mengembang­kan, kondisinya akan lebih baik,” tambahnya.

Selain problem cedera, Real juga menghadapi ancaman disharmoni­sasi di ruang ganti. Dua superstar mereka, Gareth Bale dan Ronaldo dikabarkan tengah bersitegan­g. Ketegangan itu dipicu komentar agen Bale, Jonathan Barnett. Dia menyebut, kalau kliennya ingin menjadi pemain hebat tanpa harus menjual produk fashion. Komentar itu seolah menyindir perilaku Ronaldo yang getol mempromosi­kan produk celana dalamnya. Namun, Benitez menegaskan, persoalan itu sudah dia selesaikan. ‘’Tak ada lagi masalah antara Bale dan Ronaldo,’’ tandas Benitez kepada Mirror.

‘’Keduanya pemain hebat. Keduanya sama-sama ingin juara. Ruang ganti Real sekarang lebih harmonis,’’ ujarnya.

Sebaliknya, Benitez geram dengan komentar Sam Allardyce. Pelatih baru Sunderland ini mempertany­akan peran Benitez saat Liverpool menjadi juara Liga Champions 2005. ‘’Saya ingin bertanya, berapa sih gelar yang diraih Allardyce ? ucap Benitez. (dra/c10/bas)

 ?? ERIC GAILLARD/REUTERS ??
ERIC GAILLARD/REUTERS
 ?? DARRIN ZAMMIT/REUTERS ?? JADI KORBAN: Karim Benzema mendapat perawatan tim medis Prancis. Foto atas, Luka Modric di bangku cadangan Kroasia saat melawan Malta (13/10).
DARRIN ZAMMIT/REUTERS JADI KORBAN: Karim Benzema mendapat perawatan tim medis Prancis. Foto atas, Luka Modric di bangku cadangan Kroasia saat melawan Malta (13/10).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia