Jawa Pos

Perkawinan Dibatalkan

Jedar Mengaku Masih Cinta Ludwig

-

JAKARTA – Tidak pernah ada pernikahan antara Jessica Iskandar dan Ludwig Franz Willibald. Begitulah putusan hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan kemarin (15/10). Putusan itu adalah jawaban atas gugatan pembatalan pernikahan yang diajukan Ludwig, pria Jerman yang diakui Jessica sebagai suaminya.

’’Mengadili, menolak eksepsi yang diajukan tergugat secara seluruhnya. Mengabulka­n gugatan yang diajukan oleh penggugat secara sepenuhnya. Perkawinan dinyatakan batal,’’ tegas Made Sutrisna, ketua majelis hakim yang menangani perkara tersebut.

Dalam putusannya, hakim menganggap pernikahan Ludwig dengan artis yang punya nama panggilan Jedar itu tidak pernah ada. Pernikahan tersebut juga tidak pernah tercatat di gereja yang dipimpin seorang pendeta bernama Simon Jonathan. ’’ Tidak tercatat di dalam gereja yang dimaksud. Namun, keluar akta pernikahan tertanggal 8 Januari 2011,’’ ungkap Made.

Majelis hakim juga melihat sejumlah kejanggala­n dalam dokumen berupa surat keterangan perkawinan (SKP). Salah satunya format penulisan SKP yang berbeda dengan biasanya. ’’SKP gereja itu sedangkan SKP yang ada menggunaka­n

paparnya. Made melanjutka­n bahwa pihak Jessica dapat melakukan langkah hukum dengan mengajukan banding terhadap putusannya. ’’Pihak tergugat dapat mengajukan banding dalam jangka waktu 14 hari,’’ ucapnya.

Sidang putusan atas gugatan tersebut hanya dihadiri kuasa hukum masingmasi­ng. Harvardy M. Iqbaal, kuasa hukum Ludwig yang mewakili kehadiran kliennya di sana, menyatakan puas. ’’Intinya, majelis hakim setuju dengan kami. Artinya, perkawinan klien kami dan Jessica dibatalkan karena dasarnya tidak sah,’’ kata Harvardy.

Putusan hakim tersebut tentu berdampak secara langsung kepada status anak Jessica, El Barrack Alexander atau yang biasa disapa Baby El. Selama ini, status orang tua Baby El dalam sistem hukum Indonesia masih menggantun­g karena status pernikahan orang tuanya belum jelas.

Menjawab persoalan itu, kuasa hukum Ludwig lainnya, Windry Marieta, menyatakan bahwa persoalan tersebut akan dibahas setelah putusan hakim itu berkekuata­n hukum tetap ( inkracht).

Namun, sambil menunggu pembahasan tersebut, dia menyatakan bahwa Baby El adalah anak dari hasil di luar pernikahan. ’’Sekarang anak masih dalam pengasuhan Jessica. Sejauh ini, keadaannya masih seperti itu,’’ tutur Windry.

Di tempat yang sama, kuasa hukum Jessica, Brian Praneda, tidak banyak mengomenta­ri putusan hakim. Dia mengatakan bahwa Jessica masih memiliki upaya hukum untuk mengubah pandangan hakim.

Malam sebelumnya, Rabu (14/10), saat ditemui di acara

di kompleks Jakarta Selatan, Jessica menyatakan siap menerima apa pun putusan hakim PN Jakarta Selatan terhadap gugatan pembatalan pernikahan yang diajukan Ludwig. Dia mengaku tidak berniat banding meski dinyatakan kalah. Namun, di dalam hatinya yang terdalam, dia sangat berharap putusan hakim berpihak kepada kebenaran.

’’Mudah-mudahan aku diberi jalan. Mudah-mudahan kejujuran berada di tempatku sama anak aku. Keadilan berada di tempatnya. Kebenaran bisa terungkap,’’ ujar Jessica, 27, berharap.

Jessica mengaku tidak mempermasa­lahkan status Baby El apabila gugatan tersebut dikabulkan hakim. ’’Ya nggak apa-apa. Artinya hanya akan ada cinta tulus dari aku. Aku berjuang sendiri dari hamil empat bulan. Sekarang mudahmudah­an banyak yang sayang sama aku,’’ tutur host Dahsyat itu.

Dia juga mengungkap­kan, dirinya masih sering berkomunik­asi dengan Ludwig meski sedang beperkara di pengadilan. Presenter acara tersebut mengaku bahwa Ludwig beberapa kali mengajak dirinya dan Baby El untuk bertemu.

’’ Tapi, aku selalu tolak karena ketemuanny­a di Singapura. Kalau mau ketemu, dia harus ke Indonesia dan menghormat­i orang tuaku. Dia harus hormati hukum Indonesia. Meski dibayar ini itu, aku mau,’’ ceritanya.

Jessica menyatakan masih cinta kepada Ludwig. Perasaan tersebut makin kuat saat menatap wajah sang buah hati. ’’Habis anaknya mirip sama bapaknya. Kalau dia lagi menguap kayak bapaknya. Kalau ketawa mirip sama bapaknya,’’ ujar dia. Sabar ya, Jes. (dod/c19/ayi)

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? landscape orientatio­n,
orientatio­n,’’ TERIMA PUTUSAN: Jessica Iskandar dengan gaun merahnya menghadiri acara Insert pada Rabu malam (14/10).
portrait
VIP Insert 12th Anniversar­y Trans TV,
nggak
Pesbukers
gimana dong,
ngajak
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS landscape orientatio­n, orientatio­n,’’ TERIMA PUTUSAN: Jessica Iskandar dengan gaun merahnya menghadiri acara Insert pada Rabu malam (14/10). portrait VIP Insert 12th Anniversar­y Trans TV, nggak Pesbukers gimana dong, ngajak
 ?? INSTAGRAM FITRI TROPICA ??
INSTAGRAM FITRI TROPICA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia