Jawa Pos

Hai Kak, Temenan yuk!

-

di antara responDet diuntungka­n loh dari bersahabat dengan senior. Salah satu keuntungan­nya adalah mereka bisa bertukar pikiran dengan senior ( persen).

(3 tertinggi) Mudah akrab dengan siapa pun

Pergaulan bisa makin luas

Tiba-tiba aja dekat

Dekat Satu Jadi Seribu Aktif di ekskul emang jadi salah satu cara termudah buat deketin senior. Tanya aja Alifia Choirunnis­a dari SMAN 6 Surabaya. Berkat ikutan ekskul basket, cewek yang akrab dipanggil Nisa tersebut dekat dengan banyak kakak kelas. Berhasil membaur, Nisa juga sering diajakin bareng.

’’Aku juga sering diundang ke acara ulang tahun kakak kelas. Nah, garagara itu, temanku juga makin banyak. Yang awalnya cuma kenal senior ekskul basket jadi merambat ke senior- senior lain,” curhat Nisa.

Meski ngehit di antara kakak kelas, temanteman Nisa nggak iri loh. Mereka justru ikut-ikutan nimbrung dan dekat sama senior yang dekat dengan Nisa. Nggak perlu takut dijauhin teman- teman seangkatan deh!

SMA

SMP

nggak selamanya pasal satu dan dua yang mendukung senioritas itu berlaku, Cuy. Seniormu galak? Faktanya, lebih dari separo responDet bisa sahabatan dengan seniornya. Akrab dengan kakak kelas emang perlu strategi. Tapi kalau kamu berhasil, banyak untungnya loh. Simak nih cerita responDet biar PDKT-mu ke senior berhasil!

Banyak Link ke Gebetan Beda lagi sama cerita Rizka Fitriana dari SMAN 89 Jakarta. Cewek yang tergolong extrovert tersebut beberapa kali berhasil jadian dengan senior. Nggak berani

bukan masalah karena Rizka punya banyak ’’Aku sering dicomblang­in gitu sama cowok temannya seniorku. Nggak semua bertahan lama sih. Tapi, bantuan mereka lumayan ngefek,” papar Rizka.

Berteman dengan senior nggak cuma itu loh untungnya. Menurut Rizka, curhat ke teman yang lebih tua itu lebih nyaman. ’’Saran yang dikasih biasanya lebih ngena. ,” ucapnya.

Tapi, ada aja yang nyinyirin Rizka. Dia sering dikira cari muka oleh temanteman seangkatan­nya. Santai aja Riz. Ingat aja kata Taylor Swift,

Cowok

Cewek

Safe from Bullying Berteman akrab dengan senior jadi strategi Hanif Ramadhan dari SMPN 117 Jakarta biar aman dari ’’Aku nggak begitu pintar kenalan sama orang baru. Tapi, aku ngerasa harus berubah. Jadi, pas masuk SMP, aku udah siap-siap cari teman senior biar nggak kena papar Hanif.

Yang awalnya kebutuhan, lama-kelamaan Hanif tuh berteman dengan seniornya. Mereka sering main bola bareng di lapangan sekolah. Bukan hanya itu, Hanif juga sering diajakin bareng.

Strategi Hanif terbukti manjur loh. Dia sering terhindar dari pertengkar­an karena lawannya tahu bahwa dia akrab dengan senior. Padahal, Hanif nggak pernah tuh ngadu ke senior. 11–13 tahun 14–16 tahun 17–19 tahun

ResponDet polling terdiri atas

Surabaya

Jakarta

haters,

 ??  ?? hang out
YEP,
(zhr/fri/c22/sam) the first move
link.
always gonna hate.
make
haters are
bully,”
enjoy
hang out
bullying.
Mission accomplish­ed!
Tapi...
Tapi...
SAHABATAN
Tapi...
hang out YEP, (zhr/fri/c22/sam) the first move link. always gonna hate. make haters are bully,” enjoy hang out bullying. Mission accomplish­ed! Tapi... Tapi... SAHABATAN Tapi...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia