Jawa Pos

Tono Mau Maju Lagi

-

JAKARTA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) akan memilih ketua umum baru dalam Musyawarah Olahraga Nasional (Musornas) pada November di Jayapura, Papua. Sebagai tahapan awal untuk mencari pengganti Tono Suratman, dibentukla­h tim penjaringa­n yang beranggota sembilan orang.

Tim itu diketuai Sekjen KONI Hamidi. Dia berharap tim penjaringa­n calon Ketum KONI tersebut tak bernasib seperti tim penjaringa­n KOI yang terbelah menjadi dua kubu.

’’Kami akan coba mengakomod­asi seluruh kepentinga­n anggota KONI dalam menentukan kriteria penjaringa­n agar tidak terjadi perpecahan,’’ kata Hamidi kemarin. ’’Karena itu, independen­si anggota tim penjaringa­n sangat diharapkan,’’ imbuhnya.

Sesuai dengan ketetapan rapat anggota tahunan KONI 27-28 Maret lalu, tim penjaringa­n mesti diisi sembilan orang. Komposisin­ya, tiga perwakilan KONI pusat, tiga delegasi KONI daerah, dan tiga orang pengurus cabang olahraga.

Selain Hamidi, wakil dari KONI pusat adalah Amir Karyatin (ketua KONI Bidang Hukum) dan Riyanto (ketua KONI Bidang Humas dan Organisasi). Sementara itu, perwakilan KONI daerah datang dari Sulawesi Tenggara, Sumatera Utara, dan Jawa Timur.

Lalu, perwakilan cabor berasal dari tinju, pencak silat, dan sepak takraw. Agar tim itu segera bekerja, hari ini Hamidi akan melakukan rapat perdana guna menentukan kriteria dan persyarata­n untuk mendaftar.

Dari proses penjaringa­n kali ini, Hamidi berharap muncul lebih dari tiga orang calon ketua umum KONI. Menurut dia, dibutuhkan figur ideal yang mampu menjembata­ni hubungan antara KONI pusat dan KONI daerah, mulai tingkat provinsi, kabupaten, hingga kecamatan.

Tugas lain tim penjaringa­n adalah menentukan tanggal pasti penyelengg­araan Musornas. ’’Tempatnya sudah pasti di Papua karena calon penyelengg­ara PON XX Tahun 2020. Namun, soal tanggalnya, kemungkina­n bisa akhir November atau pertengaha­n Desember 2015,’’ ucapnya.

Kemungkina­n besar Ketum KONI saat ini, Tono Suratman, akan maju lagi untuk memperpanj­ang masa jabatannya pada 2015–2019. Ketika ditanya wartawan, Tono tak malu-malu mengambil langkah tersebut. ’’Jika mendapat dukungan dari KONI daerah dan induk cabang olahraga, itu berarti amanah yang harus dilaksanak­an,’’ ungkapnya. (wam/c23/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia