Jawa Pos

Koleksi Buku Didrop ke Taman Baca

-

SURABAYA – Ribuan koleksi buku perpustaka­an kota akan dibagikan ke sejumlah taman baca di Surabaya. Itu adalah koleksi lama yang sebelumnya dipinjam perpustaka­an kota yang berada di Balai Pemuda. Buku yang akan dibagikan tersebut mencapai satu mobil van penuh.

Petugas teknis pelayanan Perpustaka­an Balai Pemuda Hamzah menuturkan, buku-buku tersebut pernah mengisi rak di tempatnya bekerja. Itu terjadi saat Perpustaka­an Balai Pemuda baru berdiri pada 2013. Saat itu, perpustaka­an tersebut belum memiliki banyak koleksi. ’’Akhirnya di- support dari Perpus Rungkut karena di sana memang pusatnya yang terbesar,’’ tuturnya kemarin (15/10).

Seiring berjalanny­a waktu, Perpustaka­an Balai Pemuda mendapat tambahan koleksi baru. Jumlahnya pun mampu memenuhi seluruh rak yang ada di dalamnya.

Hamzah mengatakan, koleksi buku yang dimiliki Perpustaka­an Balai Pemuda saat ini mencapai 42 ribu eksemplar. Itu terdiri atas 30 ribu judul buku. Isinya juga beragam. Mulai buku bacaan anak-anak hingga pengetahua­n dan majalah kreasi bagi orang-orang dewasa.

Kemarin buku-buku pinjaman tersebut dikembalik­an ke Perpustaka­an Rungkut. Sebab, gudang Perpustaka­an Balai Pemuda terdampak pembanguna­n area itu. Rencananya, buku-buku yang dikembalik­an tersebut tidak didiamkan begitu saja di Perpustaka­an Rungkut. Kepala Badan Perpustaka­an dan Arsip Kota Surabaya Arini Pakistyani­ngsih mengatakan, buku itu akan didistribu­sikan ke tempat-tempat yang memerlukan. ’’Ada taman baca yang jumlahnya mencapai ratusan,’’ ujarnya. (ant/c7/git)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? DIBUTUHKAN: Buku-buku koleksi perpustaka­an Balai Pemuda akan diangkut ke Pepustakaa­n Rungkut, selanjutny­a didistribu­sikan ke Taman Baca.
DIPTA WAHYU/JAWA POS DIBUTUHKAN: Buku-buku koleksi perpustaka­an Balai Pemuda akan diangkut ke Pepustakaa­n Rungkut, selanjutny­a didistribu­sikan ke Taman Baca.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia