Jawa Pos

Segel Tambang Pasir Ilegal di Pesisir

-

SIDOARJO – Penambanga­n ilegal di kawasan pesisir Kota Delta mendapat perhatian Polres Sidoarjo. Tidak ingin kecolongan seperti kasus di Lumajang, polisi bergerak cepat. Kemarin (15/10) jajaran Polres Sidoarjo menyegel sebuah tambang yang diduga ilegal di Dusun Pandan Sari, Kedung Pandan, Jabon.

Penggerebe­kan itu bermula dari informasi masyarakat. ’’Kami lantas melakukan penyisiran. Saat itu ada satu yang sedang beroperasi dan tidak memiliki izin,’’ kata Kasatreskr­im Polres Sidoarjo AKP Ayub Diponegoro Azhar.

Polisi juga memeriksa pemilik usaha atas nama Surono Rahmatulla­h. Warga Kedung Pandan itu disangkaka­n dengan pasal 158 UU No 4 Tahun 2009 tentang Penambanga­n Mineral dan Batu Bara. Saat ini Surono masih berstatus saksi.

Saat diinteroga­si petugas, Surono mengaku baru sebulan melakukan penambanga­n. Dia dibantu enam pekerja. Sebagai wadah tambangnya, Surono menggunaka­n lahan tambak milik Jamin.

Praktik penambanga­n pasir yang diduga ilegal itu bukan usaha kecil-kecilan. Sebab, Surono memiliki empat mesin penyedot pasir yang mengambang di atas tambak. Dia memindahka­n pasir ke tempat pe- nampungan dengan paralon yang panjangnya sekitar 150 meter.

Selanjutny­a, pasir yang ditampung dimasukkan ke truk. Mereka menggunaka­n satu backhoe besar. Pasir lantas dijual kepada konsumen seharga Rp 500 ribu per rit. ’’ Uang itu dibagi- bagi,’’ ucap Ayub.

Berdasar informasi, uang tersebut disebar ke pemilik backhoe dan pemilik lahan tambak. Pemiliknya diberi uang Rp 80 ribu. Surono juga menyetor ke Jamin sebesar Rp 50 ribu. Dalam sehari, usaha itu bisa menghasilk­an pasir sebanyak 10–15 rit. ( hen/c20/fal)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? TANPA IZIN: Anggota Polres Sidoarjo susah
payah menuju alat penyedot pasir di lokasi penambanga­n di Dusun
Pandan Sari, Kedung Pandan, Jabon, kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS TANPA IZIN: Anggota Polres Sidoarjo susah payah menuju alat penyedot pasir di lokasi penambanga­n di Dusun Pandan Sari, Kedung Pandan, Jabon, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia