Jawa Pos

Sebulan, Investasi Naik Rp 1,6 Triliun

Investor Minati Sektor Perdaganga­n dan Properti di Sidoarjo

- (nilai investasi sampai September)

SIDOARJO – Arus modal yang masuk ke Kota Delta cukup deras. Berdasar catatan Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT), dalam sebulan terakhir, nilainya naik sekitar Rp 1,6 triliun.

Kepala BPPT Sidoarjo Achmad Zaini mengungkap­kan, pada Agustus nilai investasi yang masuk ke Sidoarjo mencapai Rp 21,2 triliun. Lantas, sampai September, nilainya menjadi Rp 22,8 triliun. Artinya, ada kenaikan Rp 1,6 triliun. ’’Kenaikan tersebut cukup besar. Ini berarti para pengusaha semakin gencar menanam modal usaha di Sidoarjo,’’ katanya kemarin (15/10).

Peningkata­n yang signifikan itu semakin terlihat jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Dalam kurun Januari–September 2014, nilai invetasi yang masuk hanya Rp 8,8 triliun ( selengkapn­ya lihat grafis).

Menurut dia, banyak faktor yang membuat Sidoarjo menjadi jujukan para investor. Salah satunya, lokasi yang strategis karena dekat dengan bandara. Selain itu, pelayanan perizinan

Ada empat jenis perizinan untuk perdaganga­n. Yaitu, perdaganga­n mikro, kecil, menengah, dan besar. Indikasi bahwa sektor perdaganga­n di Sidoarjo bergeliat adalah munculnya banyak pertokoan baru. Pembeli juga tidak hanya berasal dari Sidoajo, tetapi juga luar kota.

Di bidang properti, tumbuh suburnya perumahan di Sidoarjo menandakan bahwa sektor itu menarik bagi investor. Tidak sedikit pekerja di Surabaya yang membeli rumah di Sidoarjo karena harganya masih terjangkau. Tingginya permintaan hunian tersebut ditangkap para pengusaha dengan membangun perumahan. Tidak hanya itu, apartemen juga mulai tumbuh di Sidoarjo. Nilai investasi di bidang properti mencapai Rp 4,2 triliun.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menyatakan, tingginya nilai investasi tersebut tidak lepas dari kerja keras Pemkab Sidoarjo. Berbagai upaya telah dilakukan. Misalnya, mengencark­an promosi. Baik di tingkat provinsi maupun nasional.

Pendekatan dengan asosiasi pengusaha, baik dalam negeri maupun pengusaha asing, terus dilakukan. Proses perizinan juga dipermudah. ’’Kami sudah berkali-kali mendapatka­n penghargaa­n di bidang investasi,’’ ucapya. ( lum/c20/fal)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia