Jawa Pos

Kolaborasi Akademisi dan Dunia Industri

-

SEIRING meningkatn­ya perekonomi­an di Kabupaten Sidoarjo, para investor dari luar dipastikan akan tertarik untuk berinvesta­si. Banyak di antara mereka yang menginvest­asikan dana di bidang industri. Dengan demikian, ke depan wilayah Sidoarjo dipenuhi pabrik-pabrik baru. Hal itu secara otomatis memunculka­n permasalah­anpermasal­ahan baru di Sidoarjo.

Untuk menangani permasalah­an tersebut, Pemkab Sidoarjo perlu bersikap tegas dengan membuat kebijakan-kebijakan strategis. Salah satu cara yang bisa dilakukan Pemkab Sidoarjo adalah memaksimal­kan potensi di lingkungan Sidoarjo.

Di wilayah Sidoarjo saat ini terdapat beberapa perguruan tinggi yang memiliki akademisi dengan keahlian-keahlian di bidang masing-masing. Hal itu merupakan bagian dari potensi Sidoarjo dan harus dimaksimal­kan pemkab. Di sinilah pentingnya peran eksekutif dalam mengambil kebijakan dengan mengolabor­asikan antara akademisi dan dunia industri di wilayah Sidoarjo.

Kolaborasi antara akademisi dan dunia industri seakan memadukan dua keahlian yang berbeda. Di satu sisi, umumnya akademisi memiliki keahlian di bidang teoretis. Di sisi lain, dunia industri mempunyai keahlian di bidang praktisi. Hal tersebut akan menjadi suatu bentuk kerja sama yang saling menguntung­kan.

Kalangan akademisi akan mendapatka­n lahan yang bisa dijadikan laboratori­um untuk menambah khazanah keilmuan dan mengaplika­sikan teoriteori yang mereka miliki. Hal itu nanti bisa memberikan kontribusi yang maksimal bagi peningkata­n kualitas pendidikan di lingkungan Kabupaten Sidoarjo.

Sementara itu, dunia industri akan mendapatka­n keuntungan berupa masukan ataupun solusi bagi permasalah­an-permasalah­an yang terjadi di kalangan mereka sehingga meningkatk­an produktivi­tas.

Saat ini sudah ada beberapa industri yang bekerja sama dengan para akademisi, tetapi belum bisa berjalan secara maksimal. Di sinilah diperlukan campur tangan Pemkab Sidorajo sebagai fasilitato­r untuk meningkatk­an kolaborasi antara akademisi dan dunia industri. Kolaborasi tersebut diharapkan mampu menjadi problem solving bagi permasalah­anpermasal­ahan di Sidoarjo. Selain itu, mampu memberikan kontribusi maksimal dalam upaya meningkatk­an kesejahter­aan masyarakat di Kabupaten Sidoarjo. (*)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia