Jawa Pos

Jadi Puding atau Isi Lumpia

-

SURABAYA – Musim mangga sudah tiba. Beragam jenisnya kini mudah ditemui di pasaran. Buah yang sudah matang biasanya langsung dinikmati. Manisnya begitu menyegarka­n. Dipotong menyerupai kubus ataupun dibuat bentuk kura-kura.

Jika ingin tampilan beda, mangga bisa diubah menjadi puding untuk dessert.

Hanya mesti diingat, menurut Suparno, chef dimsum Sheraton Surabaya Hotel & Towers, untuk membuat dessert, sebaiknya yang dipilih adalah mangga manis. Saran lainnya, mangga dikupas sampai bersih betul sehingga tidak meninggalk­an getah. Getah membuat gatal pada lidah dan mulut. ’’Pas pembasuhan, usahakan menggunaka­n air bersih yang mengalir atau direndam selama lima menit,’’ ujar Suparno.

Buah yang kaya akan serat, makanan prebiotik, vitamin, mineral, dan senyawa antioksida­n seperti flavonoid polife- nolik itu, menurut Suparno, mudah untuk diubah menjadi puding.

Beberapa bahan yang dibutuhkan adalah susu, gelatin, gula, whipped cream, dan air. Cara pembuatann­ya adalah mangga dijus. Lalu, air dan gelatin dimasak. Kemudian, dicampur gula, susu, dan jus mangga. Untuk menambah warna, bisa diberi pewarna makanan. ’’Langkah akhirnya, adonan itu dicetak,’’ ungkapnya.

Untuk sausnya, tetap gunakan jus mangga yang diolah bersama gula dan ditambahka­n air. Unsur kentalnya berasal dari tambahan kanji. ’’Saus ini boleh ada, boleh tidak. Tergantung keinginan,’’ lanjut Suparno.

Aplikasi lainnya adalah mangga menjadi isi lumpia. Mangga dipadukan dengan udang dan jenis seafood lainnya. ’’ Yang perlu diperhatik­an adalah cara motongnya. Usahakan memanjang setara dengan potongan udang,’’ paparnya. (cik/c23/ayi)

L I P U TA N W E D D I N G

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia