Jawa Pos

Melawan Bulan Kutukan

-

Norwegia (4-4-1-1) 12-Nyland (g); 14-Elabdellao­ui, 3-Hovland, 21-Forren, 16Aleesami; 15-Skjelbred (c), 8-Johansen, 5-Tettey, 19-Berget; 10-Henriksen; 9-Soderlund Pelatih: Per-Mathias Hogmo

Hungaria (4-4-2) 1-Kiraly (g); 5-Fiola, 20-Guzmics, 4-Kadar, 21-De Almeida; 14-Lovrencsic­s, 8-Toszer, 10-Gera, 7-Dzsudzsak (c); 17Nikolic, 9-Nemeth Pelatih: Bernd Storck Stadion: Ullevaal Stadion, Oslo Wasit: Mark Clattenbur­g (Inggris)

OSLO – Kalau saja duel di Stadion Ullevaal nanti terjadi sebelum 1982, Hungaria mungkin lebih diunggulka­n ketimbang Norwegia. Sebab, sebelum 1982, Hungaria memang lebih superior. Namun, setelah menang 4-1 pada kedua Kualifikas­i Piala Dunia 1982, tim berjuluk Nemzeti Tizenegy itu tidak pernah bisa mengalahka­n Norwegia. Total, dalam tujuh pertemuan terakhir, Hungaria empat kali kalah dan tiga kali seri.

Bentrokan kedelapan dini hari nanti juga diprediksi masih menjadi milik Norwegia. Selain merekamere­k sebagai tuan rumah, materi yang dimiliki t tim asuhan Per-Mathias Hogmo itu lebihl mentereng. ’’Banyak pema main kami yang tampil di kompe petisi antarklub Eropa,’’ ucap Hogmo kepada situs resmi UEFA. Sala Salah satu ganjalan yang dirasakan Ho Hogmo adalah Norwegia selalu kal kalah jika bermain di kandang pa pada November. Kutukan No- vember itu tidak pernah mampu mereka atasi dalam 20 tahun terakhir.

Namun, Hogmo optimistis kali ini bisa mengakhiri kutukan kandang itu. ’’Fakta bahwa Norwegia telah kalah di enam laga kandang selama November tidak membuatku risau,’’ lanjutnya.

Norwegia bisa menurunkan seluruh kekuatan di pertama dini hari nanti. Namun, trio bek Vegard Forren, Tom Hogli, dan Havard Nordtveit, serta striker Alexander Soderlund harus bisa mengontrol emosi. Pasalnya, jika menerima kartu kuning, mereka harus absen pada kedua di Budapest pada Senin mendatang (16/11).

Selain itu, Norwegia menghadapi problem produktivi­tas. Dalam sepuluh pertanding­an kualifikas­i, mereka hanya mampu mencetak 13 gol. Itu sebabnya Hogmo harus memanggil bomber Marcus Pederson yang membela klub lokal Stromsgods­et. Striker 25 tahun itu telah menjaringk­an 11 gol dari sepuluh penampilan­nya bersama Stromsgods­et.

Di sisi lain, absennya bek senior Roland Juhasz karena skors cukup merepotkan pelatih Bernd Storck dalam meramu komposisi di lini pertahanan. Target mereka pun tidak muluk-muluk. ’’Kami hanya ingin mencetak gol di laga tandang ini. Dengan begitu, beban kami bisa lebih ringan di kandang ( kedua),’’ kata striker Hungaria Krisztian Nemeth sebagaiman­a dilansir

(apu/c4/bas)

 ?? HAAKON MOSVOLD/AFP PHOTO ?? leg RINTIS JALAN: Kapten Norwegia Jo Inge Berget merayakan kemenangan atas Kroasia di Oslo pada 6 September lalu.
Today.
leg
playoff
leg
leg
Hungary
HAAKON MOSVOLD/AFP PHOTO leg RINTIS JALAN: Kapten Norwegia Jo Inge Berget merayakan kemenangan atas Kroasia di Oslo pada 6 September lalu. Today. leg playoff leg leg Hungary

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia