Jawa Pos

KBRI Gaet Turis Arab Saudi

-

JAKARTA – Diplomasi ekonomi yang dicanangka­n pemerintah tahun ini terus ditindakla­njuti lembaga perwakilan RI di negara lain. Kali ini Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Riyadh, Arab Saudi, berusaha menggenjot industri pariwisata tanah air. Mereka pun menggelar acara sales mission untuk menggaet turis dari negara di kawasan Timur Tengah.

Kuasa Usaha Ad Interim (KUAI) KBRI Riyadh Sunarko menyatakan, acara tersebut bertujuan meningkatk­an promosi wisata Indonesia. Dalam program itu, KBRI mengundang pelaku usaha pariwisata asal Indonesia, mulai industri perhotelan, tour and travel, sampai dinas pariwisata daerah. Mereka dipertemuk­an dengan ratusan pelaku usaha di bidang yang sama dari beberapa kota di Saudi.

’’Tujuan kami adalah mendukung target wisatawan di Indonesia. Tahun ini saja, pemerintah menargetka­n 12 juta turis asing. Target tersebut bakal meningkat setiap tahun,’’ jelasnya kemarin (17/11).

Kegiatan tersebut, lanjut dia, dimulai dari Riyadh. Setelah itu, rombongan Indonesia bakal dibawa ke Kota Damma di provinsi wilayah timur Saudi dan Kota Jeddah. Sunarko berharap pertemuan tersebut menghasilk­an kontrak paket wisata yang atraktif bagi pasar Saudi.

’’Sejak kunjungan Presiden Joko Widodo ke Raja Salman September lalu, hubungan bilateral Indonesia dan Arab Saudi terus menguat. Indonesia harus memanfaatk­an momen dengan berusaha meng ha silkan berbagai kesepakata­n,’’ ujarnya.

Tahun lalu, lanjut dia, 147.074 warga Saudi berkunjung ke Indonesia untuk berwisata. Jumlah tersebut merupakan 60 persen dari total wisatawan mancanegar­a asal kawasan Timur Tengah. Namun, itu belum bisa dibilang angka ideal. Sebab, besarnya potensi turis dari Saudi sangat terkenal di dunia.

Berdasar data the Internatio­nal Tourist Organizati­on, Saudi menempati peringkat ke-4 di antara 139 negara dalam hal pengeluara­n wisatawan. Sekitar 4 juta warga Saudi telah bepergian ke luar negeri pada 2014 dan mengeluark­an dana lebih dari 24 miliar riyal (Rp 87,9 triliun).

’’Kami yakin kerja sama antara Indonesia dan Arab Saudi dari berbagai aspek akan meningkat. Kerja sama tersebut juga akan menguntung­kan Indonesia secara ekonomi,’’ ujarnya. (bil/c5/end)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia