Jawa Pos

Siaga Penuh di El Clasico

-

SISTEM keamanan jadi isu hangat setelah ledakan bom bunuh diri di Stade de France, Paris, Sabtu dini hari lalu WIB (14/11). Terutama bagi para penyelengg­ara kompetisi domestik di sekitar Paris. La Liga dan Premier League, contohnya. Operator dua kompetisi itu sudah melakukan sejumlah langkah antisipasi.

Apalagi, akhir pekan ini La Liga menggelar laga El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona di Santiago Bernabeu, Madrid. Laga tersebut sudah pasti menjadi daya tarik bagi ribuan suporter. Dilansir Marca, pihak keamanan tak akan memberikan toleransi kepada suporter yang dinilai mencurigak­an. Mereka juga akan melakukan pengawasan maksimal kepada setiap kendaraan yang parkir. Anjing pelacak juga sudah disiapkan di sta- dion yang berada di Av de Concha Espina itu beberapa hari sebelum laga.

Tensi pengamanan akan semakin ketat menjelang laga berlangsun­g. Akan ada pemberlaku­an tiga ring pengamanan, dengan ring terdekat bagi orang yang sudah punya tiket laga terpanas La Liga itu. ’’Kami hanya ingin memastikan semuanya aman,’’ ujar Concepcion Dancausa, perwakilan dari pemerintah Madrid.

Kepada AS, pria yang juga seorang politikus itu mengakui, kejadian di Paris menjadi alasan aparat untuk meningkatk­an keamanan. ’’Kami tak mau kecolongan,’’ ungkapnya.

Dancausa menjelaska­n, semua pertanding­an sepak bola yang berlangsun­g di Spanyol akhir pekan ini berstatus risiko tinggi. ’’Bedanya, di sini (Madrid, Red) kontrol itu lebih ketat,’’ lanjutnya.

Laga El Clasico dilangsung­kan pada Sabtu malam waktu setempat atau Minggu dini hari WIB (22/11). Pada saat yang sama, di Premier League juga ada laga panas di Etihad, Manchester. Tuan rumah Manchester City harus menghadapi Liverpool yang sedang on fire.

Premier League juga memberlaku­kan standar keamanan yang sama. Terutama untuk laga big match antara Manchester City melawan Liverpool (22/11). ’’Kami akan melibatkan semua jajaran keamanan. Baik konsultan keamanan, tim tuan rumah, maupun perwakilan kepolisian,’’ demikian pernyataan resmi Premier League di situs mereka. ’’Itu agar kami mendapatka­n panduan terbaik untuk klub Premier League,’’ lanjutnya. (ren/c23/bas)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia