Jawa Pos

Pirlo Mulai Frustrasi

Saat Conte Umumkan 14 Nama Pemain Italia

-

Euro Prancis berlangsun­g tujuh bulan lagi. Namun, pelatih timnas Italia Antonio Conte ditengarai telah memilih sementara 14 pemain yang diturunkan pada 10 Juni 2016 mendatang. Siapa saja mereka dan bagaimana skema yang pakai dengan 14 pemain tersebut? (apu)

Kiper Belakang : 1. Matteo Darmian, 2. Andrea Barzagli, 3. Giorgio Chiellini, 4. Mattia De Sciglio, 5. Leonardo Bonucci

Tengah

Depan

: 1. Gianluigi Buffon, 2. Mattia Perin : 1. Alessandro Florenzi, 2. Antonio Candreva, 3. Claudio Marchisio, 4. Marco Veratti, 5. Marco Parolo : 1. Grazia Pelle, 2. Eder

ROMA – Perhelatan turnamen mayor Eropa Euro tinggal tujuh bulan lagi. Namun, semua kontestan yang telah memastikan diri lolos ke putaran final melalui babak kualifikas­i langsung menggeber banyak persiapan dengan agenda uji coba.

Selain menambah jam terbang dan mengasah mental, uji coba tersebut diperlukan untuk mulai mematenkan komposisi pemain yang bermain di Prancis nanti. Italia pun mulai pede dalam menentukan sejumlah pemain yang bakal menghuni skuad utama.

melaporkan, dari 23 pemain yang dibawa tahun depan,

Italia Antonio Conte telah memilih 61 persen atau 14 pemain untuk masuk dalam timnya.

Darijumlah­itu,tidakbanya­kperubahan dalam skuad berjuluk Gli Azzurri tersebut.Disektor ataupenjag­a gawang, Gianluigi Buffon masih menjadi sosok tidak tergantika­n.

Dengan usianya yang tergolong sangat senior (37 tahun), pengalaman dan ketenangan Buffon selama mengikuti sembilan

dunia seperti Euro maupun Piala Dunia sangat dibutuhkan Italia dalam memompa semangat para pemain lain.

Salah satu perubahan cukup mencolok adalah tidak dimasukkan­nya gelandang AS Roma Daniele De Rossi, New York City Andrea Pirlo, serta winger Napoli Lorenzo Insigne. Mereka tidak dibawa dalam dua laga persahabat­an kontra Belgia dan Rumania.

Cedera otot yang mendera sejak kemenangan atas Bayer Leverkusen di Liga Champions (4/11) menjadi penghalang gelandang AS Roma itu tidak bisa membela Italia.

Namun, tidak dipanggiln­ya Pirlo jelas menjadi kejutan. Sebab, tidak dimungkiri bahwa Pirlo merupakan pemain andalan Conte, baik ketika bersama Italia maupun semasa menangani Juventus. Apalagi, Pirlo berambisi untuk dapat menembus skuad Italia ke Prancis.

Conte sudah bersiap bahwa tim Negeri Pizza itu akan kehilangan kreator serangan dengan umpanumpan seperti Pirlo. Alasannya, faktor usia dan jam bermain menjadi faktor utama.

Dengan usianya yang menginjak 37 tahun pada 19 Mei tahun depan, Pirlo tentu membutuhka­n konsistens­i dalam bermain agar tidak tergeser dengan para pemain yang lebih ’’hijau’’ daripada dirinya.

Celakanya, Major League Soccer (MLS) baru saja merampungk­an babak pada 25 Oktober lalu dan memainkan musim baru pada Maret mendatang. Dengan demikian, eks regisda AC dan Inter Milan itu bakal ’’menganggur’’ selama lima bulan.

Lamanya durasi liburan yang diterima penggawa New York City tersebut dikhawatir­kan Conte berdampak serius pada performany­a. Karena itulah, Conte memutuskan untuk tidak membawa Pirlo ke Belgia dan Rumania.

’’Aku harus memberikan penilaian. Pirlo bakal berusia 37 tahun dan kami akan melihat perkembang­annya,’’ ujar Conte sebagaiman­a dilansir Football Italia. ’’Aku begitu mempertimb­angkan Pirlo. Karena itu, aku berusaha jernih dalam menilai. Meski begitu, aku secepatnya mengevalua­sinya, melihat sekeliling, serta mulai memperhitu­ngkan untuk tidak memasukkan namanya di timnas,’’ papar allenatore 46 tahun tersebut.

Kabarnya, keputusan itu mulai membuat Pirlo frustrasi karena kansnya menambah caps di Euro terancam. Mantan bosnya di AC Milan, Carlo Ancelotti, menyaranka­n Pirlo untuk bisa memperoleh kembali tempatnya di timnas.

Ancelotti pun memberikan nasihat agar Pirlo kembali ke Italia dengan status pinjaman sembari menunggu musim baru bergulir. (apu/c14/ham)

 ?? MARTIN MEISSNER/AP PHOTO ?? Il Messaggero
allenatore
tournament
portiere
playmaker
major
smooth
playoff
MARTIN MEISSNER/AP PHOTO Il Messaggero allenatore tournament portiere playmaker major smooth playoff
 ?? DOMINIC EBENBICHLE­R/ REUTERS ?? NASIB BERBEDA: Foto kiri, Kiper Gianluigi Buffon dipanggil kembali untuk membela timnas Italia dalam Euro 2016 di Prancis. Sedangkan Andrea Pirlo untuk sementara ini tidak dipanggil ke timnas Italia.
DOMINIC EBENBICHLE­R/ REUTERS NASIB BERBEDA: Foto kiri, Kiper Gianluigi Buffon dipanggil kembali untuk membela timnas Italia dalam Euro 2016 di Prancis. Sedangkan Andrea Pirlo untuk sementara ini tidak dipanggil ke timnas Italia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia