Jawa Pos

Jangan Bilang Nadal Habis

Tekuk Wawrinka Straight Set di ATP Finals

-

LONDON – Rafael Nadal belum habis. Kemarin dini hari WIB (17/11), di O2 Arena London, Nadal menunjukka­n bahwa dirinya tetap petenis papan atas dunia. Pada laga perdana ATP Finals, Nadal menghancur­kan Stanislas Wawrinka 6-3, 6-2. Hanya dibutuhkan waktu 1 jam 22 menit bagi petenis Spanyol itu menaklukka­n petenis ranking keempat dunia tersebut.

Hasil itu membuat Nadal sementara memimpin grup Ilie Nastase. Meski Andy Murray di grup tersebut juga meraih kemenangan atas David Ferrer, Nadal berhak berada di puncak karena punya kemenangan game lebih baik.

’’Saya sangat bahagia dengan cara saya bekerja di lapangan,’’ ucap Nadal sebagaiman­a dikutip ESPN. ’’Performa saya di dua atau tiga kejuaraan terakhir membuat saya makin percaya diri,’’ tambahnya.

Performa petenis yang punya julukan Raja Tanah Liat itu memang meningkat di tiga kejuaraan terakhir. Setelah tumbang di 32 besar Amerika Serikat (AS) Terbuka (13/9), Nadal punya rekor pertanding­an 14-4.

Dia menembus final di ajang Tiongkok Open dan Basel Indoors. Bukan hanya itu, Nadal juga mencapai semifinal di Shanghai Masters serta perempat final di Paris Masters.

Capaian semua itu menjadi peningkata­n yang signifikan bagi performany­a musim ini. Mengingat, sepanjang 2015 Nadal sulit menemukan kembali penampilan terbaik pascaistir­ahat empat bulan setelah menjalani operasi usus buntu pada akhir 2014.

Dia sempat terpental ke ranking ke-10 dunia pada Mei. Tak ada satu pun gelar grand slam atau masters yang dibawa pulang musim ini. Itu puasa gelar masters dan grand slam pertama baginya dalam 10 tahun terakhir.

’’Cara saya bermain di turnamen akhir musim ini akan banyak membantu memulai awal musim mendatang,’’ ucap Nadal. ’’Harapannya tentu bisa memulainya dengan energi yang jauh lebih besar dibandingk­an tahun ini,’’ tambahnya.

Nadal melanjutka­n, fokusnya kini menikmati setiap pertanding­an yang dilakukan. Hal itu disebutnya menjadi hal yang banyak terlewat pada musim 2015. Hasil positif melawan Wawrinka ingin diteruskan saat menghadapi Andy Murray nanti malam. (irr/c19/ang)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia