Jawa Pos

Lepas Paving, Ganti Keramik

Kebut Pengerjaan Jalur Pedestrian sebelum Hujan

-

GENTENG – Pemkot mempercepa­t penyelesai­an proyek infrastruk­tur di berbagai sudut kota sebelum memasuki musim penghujan. Salah satu proyek yang dikebut adalah pemasangan keramik di jalur pedestrian. Di wilayah selatan Surabaya, ada beberapa titik pemasangan keramik.

Berdasar pengamatan di lapangan kemarin (17/11), pengerjaan jalur pedestrian dilakukan di taman Jalan Basuki Rahmat. Pekerja dari Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga, dan Pematusan (DPUBMP) Surabaya tampak mencopot paving stone. Rencananya, paving tersebut diganti dengan keramik.

Selain itu, pengerjaan jalur pedestrian berlangsun­g di Jembatan Ngemplak. Jembatan tersebut ditutup dengan pita bergaris mirip police line. Pejalan kaki tidak bisa melintas di jembatan itu. Bukan lantaran ada kejadian kriminal, namun trotoar sedang diperbaiki. Tampak tiga pekerja dari DPUBMP sedang membenahi jalur pedestrian di Jembatan Ngemplak.

Camat Genteng Mahmud Sariadji mengatakan, pengerjaan itu dilakukan sejak awal November. Pengerjaan berupa pembanguna­n jalur pedestrian dan perbaikan plengsenga­n Sungai Kalimas. ”Rencananya, akhir bulan proyek itu selesai,” ucapnya kemarin.

Mantan camat Wonokromo tersebut menjelaska­n, untuk jalur pedestrian, pengerjaan baru dilakukan kemarin. Yang diperbaiki sisi ujung jalur pedestrian jembatan. Rencananya, dipasangi keramik seperti trotoar lain. ”Agar pejalan kaki nyaman,” tuturnya. Mahmud berharap pengerjaan itu selesai sebelum musim penghujan.

Di Surabaya Timur, sedikitnya ada tiga titik pengerjaan jalur pedestrian. Yakni, di Jalan Jemursari, Jalan Dharmawang­sa, dan Jalan Sulawesi.

Di Jalan Sulawesi, jalur pedestrian di sisi kiri belum selesai. Bahkan, masih terlihat backhoe untuk meratakan lahan. Selain itu, banyak keramik yang belum terpasang.

Pengerjaan jalur pedestrian di Jalan Jemursari tahun ini telah selesai. Tahun ini DPUBMP baru memperbaik­i 100 meter jalur pedestrian di jalan tersebut. ”Sisanya digarap tahun depan,” kata Camat Tenggilis Mejoyo Chairul Anwar.

Dia menambahka­n, pengerjaan jalur pedestrian di Jalan Jemursari berupa pelebaran dan perbaikan.

Di Jalan Dharmawang­sa, jalur pedestrian dibangun sepanjang 500 meter. Mulai traffic light Jalan Dharmawang­sa hingga depan Jalan Gubeng Airlangga. ”Tinggal finishing. Akhir tahun ditargetka­n selesai,” kata Camat Gubeng Budi Hermanto.

Kasi Pemelihara­an Jalan dan Jembatan DPUBMP Surabaya Novan Nugroho menjelaska­n, proyek itu sudah berjalan sekitar 30 persen. Dalam beberapa hari ke depan, jalur pedestrian tersebut sudah bisa dipakai. (aph/rst/c7/nda)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? GANTI KERAMIK: Paving stone di taman Jalan Basuki Rahmat telah dilepas. Foto kanan, pekerja memasang keramik di jalur pedestrian Jalan Dinoyo kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS GANTI KERAMIK: Paving stone di taman Jalan Basuki Rahmat telah dilepas. Foto kanan, pekerja memasang keramik di jalur pedestrian Jalan Dinoyo kemarin.
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ??
DITE SURENDRA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia