Jawa Pos

Dinkop Siap Ganti Pengurus Pasar

-

JAMBANGAN – Habis sudah kesabaran pemkot pada pengurus Pasar Jambangan. Sejak berdiri pada 2013 sampai saat ini, tidak ada perubahan. Kondisi bangunan dua lantai itu tetap sepi. Untuk menghidupk­an kembali pasar tersebut, pemkot dan kecamatan akan mengambil alih kepengurus­an bangunan yang berlokasi di Jalan Jambangan Sawah itu.

Kepastian tersebut disampaika­n Camat Jambangan Retno Hariati kemarin (17/11). Dia menjelaska­n, beberapa hari lalu Kecamatan Jambangan menggelar rapat dengan Dinas Koperasi dan UMKM (Dinkop UMKM) Surabaya. Salah satunya membahas persoalan Pasar Jambangan. ’’Kami membahas kondisi Pasar Jambangan yang sepi,’’ ucapnya saat ditemui di kantornya.

Sumber permasalah­an di Pasar Jambangan adalah pengurus pasar. Mereka menjadikan pasar seperti milik pribadi. Pedagang pun marah dengan pengurus. Sebab, selama ini pengurus pasar terkesan menutup-nutupi transparan­si dana yang mereka dapatkan dari iuran pedagang. ’’Harusnya kan disampaika­n pengeluara­nnya untuk apa saja,’’ ujarnya.

Ke depan, Kecamatan Jambangan dan Dinkop UMKM berbagi tugas. Kecamatan akan membenahi sektor pedagang pasar. Sementara itu, Dinkop UMKM akan melakukan pembenahan pada pengurus Pasar Jambangan.

Retno akan memindahka­n pedagang Pasar Karah dan Pagesangan. Pasar Karah dipilih lantaran tidak mampu lagi menampung pedagang sehingga banyak penjual yang meluber ke jalan. Sementara itu, Pasar Pagesangan dipilih karena banyak pedagang yang keberatan dengan iuran bulanan yang cukup tinggi.

Retno juga merencanak­an mengubah posisi stan penjual. Pedagang basah akan dipisahkan dengan sembako. Dengan begitu, pasar akan terlihat lebih bersih dan membuat pembeli nyaman. ’’Kami masih pikirkan perubahan stan,’’ terangnya.

Pada bagian lain, Kepala Dinkop UMKM Surabaya Hadi Mulyono meminta pertanggun­gjawaban pengurus. Hadi menjelaska­n, pengurus pasar sangat mungkin akan diganti. (aph/c23/nda)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia