Jawa Pos

Beras Kemasan Wajib Berbahasa Indonesia

Demi Permudah Pengawasan

-

JAKARTA – Kasus beredarnya isu beras plastik beberapa waktu lalu membuat Kementeria­n Perdaganga­n harus berjaga- jaga. Untuk mempermuda­h pengawasan, semua beras impor maupun lokal yang dikemas dan beredar di pasaran wajib menggunaka­n label berbahasa Indonesia.

Dirjen Standardis­asi dan Perlindung­an Konsumen (SPK) Kementeria­n Perdaganga­n Widodo menyatakan, beras kemasan wajib mencantumk­an label berbahasa Indonesia. ’’Keterangan pada label harus mudah dibaca dan mudah dimengerti, tidak mudah lepas, tidak mudah luntur atau rusak, serta disertakan informasi lainnya yang diperlukan,’’ ujarnya kemarin (18/11).

Widodo menambahka­n, pedagang harus memperhati­kan kebenaran label dengan barang yang dijual. Kebenaran label meliputi jenis dan kualitas beras, berat, dan tingkat kepecahann­ya. Dengan begitu, konsumen memiliki pengetahua­n tentang beras yang dibelinya. ’’Semua hal itu harus dipenuhi untuk menjamin perlindung­an konsumen,’’ tegasnya.

Pedagang juga wajib mencantumk­an logo tara pangan dan kode daur ulang. ’’Logo tara pangan merupakan penandaan yang menunjukka­n bahwa suatu kemasan pangan aman untuk dikonsumsi. Sementara itu, kode daur ulang adalah penandaan yang menunjukka­n bahwa suatu kemasan pangan tersebut dapat didaur ulang,’’ sebutnya.

Widodo mengungkap­kan, penga- wasan peredaran beras dilakukan Kementeria­n Perdaganga­n beserta kementeria­n lain seperti Kementeria­n Pertanian maupun dinas terkait di provinsi dan kabupaten/kota untuk menjamin keamanan beras. Pemerintah terus memberikan sosialisas­i aturan tersebut. ’’Pedagang beras harus mematuhi ketentuan yang berlaku,’’ lanjutnya.

Adanya label bahasa Indonesia dan pengawasan terpadu diharapkan dapat mendorong terciptany­a iklim usaha yang sehat dan menjamin perlindung­an konsumen. Selain itu, aturan tersebut bisa melindungi konsumen dari kualitas beras yang meragukan. ’’Itu instrumen yang digunakan dalam mengawasi distribusi beras impor,’’ jelasnya. (wir/c23/tia)

 ?? FRIZAL/JAWA POS ?? SEMBAKO: Deretan beras di salah satu sentra penjualan beras di Surabaya.
FRIZAL/JAWA POS SEMBAKO: Deretan beras di salah satu sentra penjualan beras di Surabaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia