Jawa Pos

Industri Jamu Bidik Segmen Anak Muda

-

SURABAYA – Industri jamu merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Tanpa adanya regenerasi peminum di segmen anak muda, industri jamu bisa kehilangan pangsa pasar.

’’Saat ini memang peminum jamu mayoritas berasal dari kalangan tua. Sedangkan dari kalangan anak muda ( modern lifestyle) masih sangat minim, tidak sampai 5 persen jumlahnya,’’ kata Product Group Manager PT Jamu Iboe Jaya Perry Angglishar­tono kemarin (18/11).

Menurut Perry, potensi pasar anak muda kini cukup besar. Sementara itu, peminum jamu mayoritas masuk di kelas traditiona­l lifestyle 95 persen. ’’Kalau generasi tua kan mereka lama-lama akan habis. Generasi muda inilah yang masih tumbuh. Agar bisa bertahan, industri ini harus mampu berinovasi untuk menyasar segmen tersebut,’’ ungkapnya.

Jamu Iboe pun telah bekerja sama dengan beberapa sekolah maupun universita­s di Jawa Timur untuk mengedukas­i minum jamu. ’’Strateginy­a harus bisa mengubah brand jamu dan mindset anak muda. Kalangan anak muda masih berpikir minum jamu itu kuno. Sekarang kampanyeny­a menggunaka­n kata herbal drink,’’ paparnya.

Jamu Iboe sendiri menargetka­n market share dari kalangan anak muda bisa meluas ke 15 persen pada 2016. ’’Kami masuk melalui pop market yang didatangi anak-anak muda serta memperbany­ak counter di pusat perbelanja­an. Bahkan, tahun depan Jamu Iboe mulai menyasar penjualan di supermarke­t maupun minimarket,’’ ungkapnya.

Untuk kalangan anak muda, cara penjualan produknya memang sedikit berbeda. ’’Harus masuk ke kafe dan restoran, dicampur dengan minuman yang sudah mereka kenal serta dengan sistem take away dengan cup sealer,’’ ucapnya. Selain menyasar kalangan anak muda, industri jamu harus melihat peluang pasar saat berlangsun­gnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

’’Di MEA nanti banyak orang luar yang masuk, entah sebagai pekerja maupun wisatawan. Mereka bisa juga dibidik sebagai target market kita,’’ ungkapnya. Sampai saat ini, industri jamu di Indonesia terhitung paling kuat dibandingk­an dengan negara-negara ASEAN. (vir/c15/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia