Jawa Pos

Masih Lemah, Pasien Disuruh Pulang

-

MEDAN – Kesedihan tidak bisa dibendung Tiurlam Boru Manurung, 65, warga Tanjung Morawa, Dusun 14, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Anaknya, David Marpaung, 30, yang kondisinya masih sangat lemah harus pulang. Saat ditemui Sumut Pos (Jawa

di ruang Melati III lantai 4 RSUD dr Pirngadi Medan kemarin (18/11), Tiurlam tanpa segan bercerita. Ia terkejut dan panik saat mendapat informasi bahwa David yang sedang terbaring lemas serta sesak napas disuruh pulang. ’’Jangan dilihat saya seperti ini terus disepeleka­n kami,’’ katanya.

Menurut dia, selama dipindahka­n ke ruang inap setelah selesai dioperasi lantaran empat tusukan di perut, putranya tidak begitu diperhatik­an. Infus David sempat dicabut.

Setelah diprotes, lanjut Tiurlam, infus kembali dipasang. Saat itulah salah seorang petugas mengatakan kepadanya bahwa anaknya akan dipulangka­n. ’’Tak penting rumah sakit ini. Yang penting, anakku selamat. Masak kondisi anakku yang masih lemas dan sesak disuruh pulang. Apa harus mati dulu,’’ ucapnya.

Tiurlam menjelaska­n, David masuk RSUD dr Pirngadi Medan pada Minggu dini hari (15/11). Selanjutny­a, dia masuk ruang rawat jalan pukul 14.00 WIB setelah dioperasi karena mengalami empat tusukan di bagian perut seusai berkelahi dengan kawannya.

Terpisah, Kepala Bagian Hukum RSUD dr Pirngadi Edison Perangin-angin mengatakan, seorang pasien diperboleh­kan pulang jika menurut dokter sudah sehat atau atas permintaan keluarga. Seorang dokter, ujar dia, tidak mungkin memperbole­hkan pasien pulang bila kondisinya belum memungkink­an.

’’Kalau menurut dokter sudah bisa dirawat jalan, bisa saja disuruh pulang karena yang menentukan kan dokter. Kadang pasien saja malas buka jahitan,’’ jelasnya. (put/JPG/c19/diq)

 ??  ?? MENYALA: Kapal pengangkut minyak terbakar di Pelabuhan Teluk
Rid, Tanjung Momong, Tarempa, Anambas, Kepulauan Riau, kemarin
(18/11) sekitar pukul 09.00 WIB.
Pos Group)
MENYALA: Kapal pengangkut minyak terbakar di Pelabuhan Teluk Rid, Tanjung Momong, Tarempa, Anambas, Kepulauan Riau, kemarin (18/11) sekitar pukul 09.00 WIB. Pos Group)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia