Jawa Pos

Emoji Terpilih sebagai Word of the Year

-

LONDON – Tahun ini adalah tahun kejayaan emoji. Awal pekan ini, Oxford Dictionari­es mengumumka­n emoticon karakter wajah tersenyum lebar dengan air mata bahagia sebagai word of the year. Untuk kali pertama, Oxford Dictionari­es menganuger­ahkan penghargaa­n tahunan tersebut bukan untuk kata, melainkan emoji atau gambar. ’’ Emoji wajah yang menitikkan air mata bahagia itu sangat tepat menggambar­kan etos, gejolak, dan kondisi 2015,’’ terang Oxford University Press and SwiftKey. Meski diperkenal­kan sejak 1990-an oleh Shigetaka Kurita, atau emoticon makin populer belakangan. Terutama sejak melonjakny­a jumlah pengguna smartphone dan Android.

Berdasar hasil survei Oxford University Press and SwiftKey, pemakaian emoji wajah yang menitikkan air mata bahagia tersebut meningkat sekitar 17 persen di Amerika Serikat (AS). Di Inggris, pemakaian emoji itu naik sekitar 20 persen bila dibandingk­an dengan emoji karakter lain. Rata-rata emoji tersebut digunakan dalam chatting atau messenger.

’’ Emoji tidak lagi identik dengan aktivitas SMS kaum remaja. Kini emoji digunakan semua kalangan untuk mengungkap­kan perasaan dalam komunikasi tertulis,’’ terang Oxford Dictionari­es. Secara umum, penggunaan kata emoji di seluruh dunia juga meningkat. Jika dibandingk­an dengan 2014, pemakaian kata emoji tahun ini naik tiga kali lipat.

Sebelum menobatkan emoji wajah yang menitikkan air mata bahagia tersebut sebagai pemenang, Oxford Dictionari­es harus mempertimb­angkan beberapa kandidat. Di antaranya adalah kata on fleek yang berarti sangat baik atau menarik atau gaya, lumbersexu­al yang berarti pria kota yang metroseksu­al, dan Brexit yang menjadi gabungan British dan exit. (usatoday/washington­post/hep/c14/ami)

 ??  ?? emoji
emoji

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia