Jawa Pos

Bom Metrojet Ternyata di Dalam Kabin

-

MOSKOW – Fakta jatuhnya pesawat Metrojet terkuak sedikit demi sedikit. Setelah Rusia memastikan bahwa pesawat nahas tersebut jatuh karena ledakan bom Selasa (17/11), kini diketahui lokasi bom itu. Harian Kommersant kemarin (18/11) melaporkan bahwa bom yang menewaskan 224 penumpang dan kru tersebut diletakkan di kabin utama. Sebelumnya dilaporkan bahwa bom diletakkan di ruang kargo.

’’Berdasar penyelidik­an awal, bom mungkin diletakkan di bawah kursi penumpang di dekat jendela,’’ tulis Kommersant. Media itu menyatakan bahwa informasi yang mereka dapat bersumber dari orang dalam yang menyelidik­i jatuhnya pesawat milik Kogalymavi­a tersebut. Akibat ledakan itu, kerusakan parah terjadi di bagian jendela dan tekanan di kabin yang berujung jatuhnya pesawat.

Rusia sendiri telah berjanji untuk melakukan pembalasan kepada para pelaku. Sementara itu, pemerintah Mesir telah menahan dua petugas Bandara Sharm al-Sheikh. Keduanya dituding terlibat dalam aksi memasukkan bom tersebut ke pesawat. Namun, hingga kini belum diketahui peran mereka sebenarnya dan bagaimana bom tersebut bisa masuk ke kabin. Pemerintah Mesir juga masih menolak memberikan kepastian bahwa penyebab jatunya pesawat Metrojet tersebut adalah bom. Yang jelas, saat ini mereka meningkatk­an pengamanan di setiap bandara.

’’Mempertimb­angkan semua penyebab di balik jatuhnya pesawat, termasuk kemungkina­n serangan teroris, pemerintah Mesir telah meningkatk­an langkah-langkah pengamanan di semua bandara,’’ ujar pihak Kementeria­n Dalam Negeri.

Salah satu langkah yang dilakukan adalah meninjau kembali langkah-langkah screening untuk penumpang dan bagasi. (Reuters/AFP/sha/c4/ami)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia