Jawa Pos

Pelipatan Surat Suara Diurus Rekanan

-

PASURUAN – Surat suara untuk pilkada Kota Pasuruan telah diterima KPU setempat. Sebanyak 148.668 lembar surat suara yang dicetak Perum Peruri itu langsung disimpan di gudang logistik kantor KPU.

’’Peruri juga mengirimka­n tinta yang digunakan untuk menandai jari warga setelah memberikan suara,’’ jelas Ketua KPU Kota Pasuruan Fuad Fatoni kemarin (18/11). Tinta yang dikirim itu sebanyak 600 botol. Di Kota Pasuruan, akan dibuka 300 tempat pemungutan suara (TPS). Setiap TPS nanti dijatah dua botol tinta.

Surat suara yang dicetak mengacu pada jumlah daftar pemilih tetap (DPT) Kota Pasuruan sebanyak 146.668 orang ditambah cadangan 2,5 persen. Dalam pemilihan wali kota (pilwali) kali ini, KPU Kota Pasuruan tidak lagi melakukan penyortira­n atau pelipatan. Semua sudah diurus Perum Peruri.

Menurut Fuad, hal tersebut dimaksudka­n untuk menjamin jumlah surat suara benar-benar pas. Selain itu, menghindar­i kecurigaan jika penyortira­n dan pelipatan dilakukan di daerah. Rencananya, pengepakan surat suara per TPS dan kecamatan mulai dikerjakan Jumat besok (20/11). ’’Pengepakan tidak bisa dilakukan saat ini karena kami masih menunggu sampul yang belum jadi,’’ ujarnya.

Sementara itu, 300 pengawas TPS mengikuti bimbingan teknis (bimtek) yang diselengga­rakan panitia pengawas pemilu (panwaslu) pekan depan. Masa kerja pengawas TPS itu terhitung 23 hari sebelum hari pemungutan suara sampai tujuh hari setelahnya.

Mereka memiliki hak untuk mengingatk­an dan melaporkan indikasi kecurangan saat pemungutan suara dan penghitung­an suara di TPS. ’’Pengawas TPS nanti mendamping­i PPL (pengawas pemilu lapangan, Red) untuk mengawasi jalannya tahapan di TPS,’’ ujar Anas Muslimin, ketua Panwaslu Kota Pasuruan. (lel/fun/c7/pri)

 ?? ZUBAIDILLA­H/JAWA POS RADAR BROMO ?? DIKAWAL KETAT: Ketua KPU Kota Pasuruan Fuad Fatoni mengecek surat suara yang tiba di kantor KPU Kota Pasuruan kemarin.
ZUBAIDILLA­H/JAWA POS RADAR BROMO DIKAWAL KETAT: Ketua KPU Kota Pasuruan Fuad Fatoni mengecek surat suara yang tiba di kantor KPU Kota Pasuruan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia