Jawa Pos

Tanamkan Tertib Lalu Lintas sejak Dini

-

SURABAYA – Tertib berlalu lintas adalah kunci keselamata­n saat berada di jalan raya. Misalnya, mematuhi rambu dengan baik atau melengkapi diri dengan atribut pelindung seperti helm saat naik sepeda motor atau safety belt ketika mengendara­i mobil. Untuk itu, Ditlantas Polda Jatim berusaha menanamkan pentingnya tertib lalu lintas sejak dini. Mereka pun mengunjung­i 15 sekolah dasar (SD) di tiga kota di Jawa Timur.

’’ Tertib lalu lintas adalah karakter dan itu harus dibentuk sejak kecil,’’ kata Kasubdit Dityasa Ditlantas Polda Jatim AKBP Juli Setyadi kemarin. Selama tiga hari terakhir, mereka mengunjung­i Pare, Lamongan, serta Bojonegoro dan bertemu ratusan siswa sekolah dasar untuk mengenalka­n tata tertib berlalu lintas. Itu merupakan bagian dari program Jatim Peka atau Jatim Peduli Keselamata­n.

Program tersebut digagas Ditlantas Polda Jatim sejak setahun lalu, tetapi baru kali ini menyasar anak-anak. Cara pengenalan­nya pun diupayakan menarik bagi bocah-bocah tersebut. Salah satunya, dengan menggunaka­n boneka jari yang disebut boneka semeru. ’’Selain edukatif, penyajiann­ya harus lucu,’’ jelas Juli. Rencananya, road show serupa akan dilakukan di kota-kota lain di Jawa Timur.

Materi cerita tidak hanya seputar pengenalan rambu dan cara bersikap santun saat mengendara­i kendaraan di jalan raya, tetapi juga terselip pesan-pesan khusus agar para siswa paham akan keselamata­nnya. ’’Tadi kita juga ajak mereka untuk tidak mudah tergiur dengan iming-iming benda dari orang asing,’’ terang Juli. Tujuannya, agar mereka tidak masuk dalam perangkap para pedofil. (c20/ano/any)

 ?? DITLANTAS POLDA JATIM FOR JAWA POS ?? RAMAH ANAK: Kasubdit Dityasa Ditlantas Polda Jatim AKBP Juli Setyadi (dua dari kiri) saat road show di Lamongan pada Selasa (17/11).
DITLANTAS POLDA JATIM FOR JAWA POS RAMAH ANAK: Kasubdit Dityasa Ditlantas Polda Jatim AKBP Juli Setyadi (dua dari kiri) saat road show di Lamongan pada Selasa (17/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia