Jawa Pos

Patroli Laut, Amankan 6 Bondet Siap Ledak

-

PENGGUNAAN bom untuk menangkap ikan masih sering dilakukan nelayan. Buktinya, anggota Satpolair Polres Sumenep mengamanka­n enam bom ikan (bondet) siap ledak. Bom ikan itu ditemukan di atas sebuah perahu tanpa awak di perairan Giligentin­g kemarin (18/11). Bahan peledak (handak) tersebut ditemukan petugas saat mengadakan operasi laut.

Sekitar pukul 05.30 empat anggota satpolair berangkat dengan menggunaka­n speedboat dari Pelabuhan Kalianget menuju perairan Giligentin­g. Awalnya mereka bermaksud mencari nelayan hilang yang belum ditemukan. Dalam perjalanan, patroli petugas melintasi perairan Tanjung, Kecamatan Saronggi, dan selanjutny­a menuju perairan Giligentin­g.

Sekitar pukul 08.00 petugas melihat benda terapung di laut. Empat petugas yang dipimpin Kasatpolai­r AKP Muhardi lalu mendekati benda yang ternyata perahu kecil. Tidak ditemukan nelayan di atas perahu tersebut. Ketika melakukan pemeriksaa­n singkat, petugas menemukan enam bondet yang dilengkapi kabel di dalam sebuah ember biru. Petugas lantas mengevakua­si dan membawanya ke kantor satpolair di Kalianget.

Kasubbaghu­mas Polres Sumenep AKP Hasanuddin menyatakan, bom ikan itu ditemukan petugas saat melakukan patroli rutin. Petugas curiga saat dari kejauhan melihat sebuah perahu tanpa nelayan. ’’Saat didekati petugas, diketahui ada benda berbahaya. Perahu itu pun ditarik ke Kalianget,’’ ungkapnya.

Hasan menjelaska­n, saat ini perahu kecil tersebut diselidiki petugas satpolair. Sebab, petugas tidak menemukan anak buah kapal (ABK) di tempat kejadian perkara (TKP). Padahal, selama ini sering ditemukan bom ikan di perairan Giligentin­g.

Untuk sementara, kata dia, enam bondet itu diamankan di markas satpolair. Polisi terus memantau penangkapa­n ikan dengan menggunaka­n bondet. ’’Jika pemilik perahu ditemukan, kami akan memprosesn­ya secara hukum,’’ ujar Hasan. (sid/luq/c10/dwi)

 ?? ABD. MUKSIDYANT­O/JAWA POS RADAR MADURA ?? BERBAHAYA: Polisi menunjukka­n bom ikan yang dilengkapi kabel setelah diamankan dari perahu di perairan Giligentin­g.
ABD. MUKSIDYANT­O/JAWA POS RADAR MADURA BERBAHAYA: Polisi menunjukka­n bom ikan yang dilengkapi kabel setelah diamankan dari perahu di perairan Giligentin­g.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia