Jawa Pos

Bagi Kebahagiaa­n Kenakan Toga

Jupe Hadiahi Sahabat Beasiswa Kuliah S-1

-

JAKARTA – Julia Perez membuktika­n bahwa tidak ada kata terlambat untuk menempuh pendidikan. Memasuki usia 35 tahun, dia akhirnya menyandang gelar sarjana. Lulus dari Fakultas Hukum Universita­s Bung Karno (UBK) Jakarta, artis yang mengawali karir sebagai model panas itu kini berhak menuliskan gelar sarjana hukum di belakang namanya.

Jupe –sapaan Julia Perez– tidak mampu menyembuny­ikan kebahagiaa­nnya. Prosesi wisuda di Balai Sudirman kemarin (18/11) dijalani dengan hati bungah. Begitu namanya dipanggil untuk naik podium dan menerima ijazah, Jupe tidak berhenti tersenyum. ’’Senang banget. Ini hasil perjuangan empat tahun,’’ katanya.

Jika umumnya wisudawan menerima hadiah dari keluarga dan kerabat, Jupe sebaliknya. Dia justru memberikan hadiah spesial untuk para sahabatnya, yaitu Ruben Onsu, Ayu Ting Ting, dan Zaskia Gotik, yang ikut menghadiri acara tersebut. ’’Saya mau kasih hadiah buat kalian,’’ ujar Jupe.

Mendengar itu, para sahabatnya berharap-harap cemas menanti. Tidak menunggu lama, Jupe lantas menyampaik­an hadiah yang disiapkann­ya. ’’Saya beri mereka semua pendidikan S-1 jika mau belajar di UBK, gratis,’’ ungkapnya.

Tiga artis itu pun terkejut. Mereka tidak mengira Jupe akan menghadiah­i mereka beasiswa pendidikan. Mereka memang tahu Jupe con

pada pendidikan. Jupe pun tidak jarang menceramah­i mereka untuk terus menimba ilmu. ’’Namun, kalau dibiayai sampai lulus,’’ kata Zaskia.

Ruben, Ayu, dan Zaskia merasa tertarik untuk melanjutka­n pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Apalagi mereka tidak harus memikirkan biaya kuliah. ’’Saya sih tertarik. Tapi, kalau buat ambil jurusan hukum kayak Jupe sampai harus segala, serem aja,’’ tutur Ruben, lalu tertawa.

Ketertarik­an itu, tampaknya, akan diwujudkan Ruben. Rencananya, dalam waktu dekat dia kuliah. Soal jurusan, Ruben memilih ekonomi. ’’Rencananya sih Februari mulai persiapan,’’ ucap Ruben yang lulusan SMA.

Senada dengan Ruben, Ayu dan Zaskia, rupa- nya, sudah tidak sabar untuk kuliah. Ayu yang sempat putus kuliah pun mengaku termotivas­i untuk kembali ke bangku kuliah setelah melihat perjuangan Jupe yang berakhir manis dalam balutan toga dalam acara wisuda.

Zaskia yang hanya lulusan SD juga tidak kalah bersemanga­t. Dia ingin menyelesai­kan pendidikan kejar paket B dan C lebih dahulu untuk melanjutka­n kuliah. ’’Kakak Jupe selalu kasih saran buat sekolah lagi. Enggak ada kata terlambat,’’ tegas mantan tunangan Vicky Prasetyo itu.

Keinginan Jupe menyekolah­kan sahabatnya sampai sarjana tersebut bukan tanpa alasan. Jupe ingin orang yang disayangin­ya bisa merasakan kesenangan dan kebanggaan yang sama dengan yang dirasakann­ya saat berada di podium dengan mengenakan toga. ’’Saat dipanggil Yuli Rahmawati (nama asli Jupe, Red) SH, tadi saya menangis bahagia. Kalau saya bahagia, sahabat-sahabat saya juga harus bahagia,’’ ujar Jupe.

Setelah menyelesai­kan S-1, Jupe berencana langsung melanjutka­n ke S-2 di jurusan magister ilmu hukum Universita­s Jayabaya. Dia berniat jadi lawyer.

Sebetulnya, Jupe lebih ingin menjadi jaksa. Dia bahkan sudah mendatangi kejaksaan untuk berkonsult­asi. Namun, ternyata Jupe tidak memenuhi syarat. Usianya yang menginjak 35 tahun dinilai terlalu tua. ’’Batasnya 30. Saya udah 35, janda pula. Hahaha...’’ ujarnya, lalu tergelak. (and/c5/ayi)

 ??  ?? cern
nggak nyangka
’diprakteki­n’
cern nggak nyangka ’diprakteki­n’
 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? HARI BAHAGIA: Jupe ditemani Ruben, Ayu Ting Ting, dan Zaskia Gotik saat wisuda di Balai Sudirman, Jakarta, kemarin.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS HARI BAHAGIA: Jupe ditemani Ruben, Ayu Ting Ting, dan Zaskia Gotik saat wisuda di Balai Sudirman, Jakarta, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia