Jawa Pos

Timnas Pelajar U-13 Berlatih ke Spanyol

-

JAKARTA – Kabar baik terus menghampir­i timnas pelajar U-13. Setelah pemerintah lewat Kementeria­n Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengakui mereka sebagai skuad bentukan pemerintah, kini Achmad Zein Nuralif dan kawan-kawan diberi kesempatan untuk latih tanding di luar negeri pada tahun depan.

Kampiun Indonesia, perusahaan yang membawa timnas pelajar yang meraih juara di Pinas Cup 2015, menyebutka­n, ada dua negara yang sudah menjadi bidikan mereka. Yaitu, Spanyol dan Tiongkok. ’’Kami melakukan latihan di sana pada April dan November tahun depan,’’ kata Gatut Hari Suparjanto, direktur Kampiun Indonesia, kemarin (18/11).

Menurut dia, dua negara tersebut dipilih karena memiliki perkembang­an sepak bola yang maju. Terutama untuk pembinaan sepak bola anak. Nah, dalam program uji coba tersebut, Gatut menyebutka­n akan mempertaha­nkan skuad yang berhasil mengharumk­an Indonesia di Pinas Cup, Manila, Filipina, akhir Oktober lalu itu.

Namun, tidak tertutup kemungkina­n pihaknya juga melakukan seleksi ulang secara nasional untuk mendapat pemain dengan kualitas lebih baik lagi. ’’Di Indonesia banyak pemain kelahiran 2002 yang bagus, tapi belum terpantau. Mereka juga berhak mendapat posisi dalam tim ini. Jadi, kami akan melakukan seleksi untuk memantau bakat mereka,’’ tambahnya.

Achmad Zein Nuralif mengapresi­asi kabar baik tersebut. Pemain asli Surabaya itu berharap bisa tetap menjadi bagian dari tim tersebut. ’’ Tapi, jangan hanya janji, juga ha rus ada persiapan jangka panjang. Lebih mantap lagi kalau yang mengumumka­n informasi ini adalah pihak pemerintah. Sebab, legitimasi­nya lebih kuat,’’ ujarnya.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi memberikan penghargaa­n kepada Alif dan kawan-kawan atas kesuksesan mereka di Pinas Cup. Penghargaa­n untuk para pemain tersebut diberikan dalam bentuk sertifikat yang dibagikan kepada perwakilan pemain di Stadion Gelora Bung Karno Jakarta pada 14 November lalu. (ben/JPG/c23/tom)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia