Jawa Pos

Tunggal Hancur, Ganda Melesat

-

Panjat Tebing

HONGKONG – Sektor tunggal Indonesia memang tidak bisa diandalkan. Dalam ajang Hongkong Superserie­s 2015 kemarin, tiga tunggal Indonesia keok pada babak pertama.

Berlaga di Hongkong Coliseum, TommySugih­artoapeska­renaharus melawan pebulu tangkis elite asal Malaysia Lee Chong Wei. Benar saja, Tommy kalah straight game, 16-21 dan 15-21. Pemain belia Indonesia IhsanMaula­naMustofaj­uga siallantar­anundianme­maksanyabe­rtemu legenda Tiongkok Lin Dan.

Sempat memberikan perlawanan keras, Ihsan akhirnya bertekuk lutut dalam rubber game dengan skor 17-12, 21-15, dan 14-21. Dari sektor tersebut, hanya atlet muda Anthony Ginting yang berhasil melangkah ke babak kedua. Dia membekap pebulu tangkis Taiwan Wei Nan 21-18, 17-21, dan 21-19. Pada ronde kedua yang dilangsung­kan siang nanti, Anthony melawan unggulan keempat asal Jepang Kento Momota.

Capaian buruk juga menimpa tunggal putri. Dari dua wakil yang maju, Linda Wenifanetr­i terhenti di babak pertama. Berhadapan dengan Minatsu Mitani (Jepang), Linda kalah rubber game setalah main 62 menit dengan skor 11-21, 21-18, dan 14-21.

’’ Game kedua saya menang angin,’’ kata Linda dalam surat elektronik yang diterima Jawa Pos. ’’Pada game ketiga sampai poin sebelas, saya sudah benar mainnya. Namun, pas ganti lapangan, sananya nyepetin main, dia mengubah pola permainan,’’ ungkap pemain nomor satu Indonesia tersebut.

Dalam ronde kedua, tunggal putri Indonesia masih menyisakan satu wakil: Maria Febe Kusumastut­i. Sialnya, sama dengan Anthony, Maria sudah harus melawan unggulan ketiga asal Korea Selatan Sung Ji-hyun.

Berbeda dengan sektor tunggal yang jeblok, sektor ganda melaju kencang. Delapan di antara 12 pasangan yang turun pada nomor ganda putra, putri, dan campuran lolos ke babak kedua.

Semua pasangan di ganda campuranme­laju.Yakni,PraveenJor­dan/ DebbySusan­to, EdiSubakti­ar/Gloria Emanuelle Widjaja, dan Ronald Alexander/Melati Daeva Oktaviani.

Mereka sudah dinanti lawan tangguh hari ini. Edi/Gloria akan ditantang unggulan keempat asal Tiongkok Xu Chen/Ma Jin. Ronald/Melati menantang unggulan kelima asal Korea Selatan Ko Sung-hyun/Kim Ha-na.

Di ganda putra, hanya Angga Pratama/Ricky Karanda yang dapat lawan sulit, yaitu Hiroyuki Endo/ Kenichi Hayakawa, seeded kelima asal Jepang. Markus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya dan Muhammad Ahsan/Hendra Setiawan bertemu lawan yang relatif mudah. (wam/c14/nur)

 ?? PBSI FOR JAWA POS ?? MELESAT: Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak kedua Hongkong Superserie­s 2015.
PBSI FOR JAWA POS MELESAT: Ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo sukses melaju ke babak kedua Hongkong Superserie­s 2015.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia