Jawa Pos

Indonesia Runner-up Kejuaraan Dunia

-

JAKARTA – Indonesia gagal menjadi juara umum Kejuaraan Dunia Wushu 2015 yang berakhir kemarin (18/11) di Istora Senayan, Jakarta. Merah Putih tidak bisa menyalip Tiongkok yang melaju sangat kencang.

Pada hari terakhir kemarin, Indonesia hanya berhasil menyabet 1 emas, 2 perak, dan 1 perunggu dari nomor sanda alias tarung. Tiongkok sukses menjaring 7 emas dan 1 perak. Alhasil, pada klasemen akhir perolehan medali, Negeri Tirai Bambu keluar sebagai juara umum dengan 14 emas dan 1 perak.

Minimnya emas pada hari terakhir kemarin memang sudah diprediksi. Indonesia juga susah payah menambah satu emas terakhir. Yusuf Widiyanto bekerja sangat keras untuk mengalahka­n petarung Vietnam, Van Bau To, dengan skor 2-1 di nomor -56 kilogram putra.

Sementara itu, perak didapatkan Moria Manalu (-60 kilogram putri) dan Yosef Fau Neonnub (-48 kilogram putra). Satu peruggu diperoleh Gunawan pada kelas -52 kilogram putra.

Menjadi tuan rumah, Indonesia total meraih 7 emas, 3 perak, serta 6 perunggu dan berada di posisi runner-up. Prestasi itu naik luar biasa. Sebab, dua tahun lalu di Malaysia, Indonesia hanya mendapat 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu. Ketika itu, Indonesia hanya berada di posisi ke-11 klasemen akhir perolehan medali.

Ketua Umum PB Wushu Supandi Kusuma sangat puas atas kesuksesan penyelengg­araan dan prestasi Indonesia di kejuaraan dunia tahun ini. ’’Wushu Indonesia belum pernah bisa ambil banyak medali di event internasio­nal seperti sekarang. Bahkan, pelatih Tiongkok terkaget-kaget atas capaian kita ini,’’ ucapnya. (wam/c5/nur)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia