Jawa Pos

Berpacu dengan Wales

-

SELAIN Indonesia, Wales sedang dikejar menjadi tuan rumah MotoGP 2017. Jika di tanah air penyelengg­ara tinggal merenovasi trek dan menyempurn­akan berbagai fasilitas pendukung, Wales justru harus memulai dari nol alias membangun sirkuit anyar. Pembanguna­n direncanak­an dimulai Januari tahun depan. Itu diputuskan setelah kemarin (18/11) pemerintah setempat memberikan persetujua­n akhir tentang pengalihan fungsi tanah negara. Persetujua­n tersebut diperoleh setelah didapat tukar guling yang sesuai dengan persyarata­n. Tahap selanjutny­a adalah menyelesai­kan proses

baru ke- mudian kontrak pembiayaan, dan pembanguna­n bisa disegeraka­n.

Persetujua­n itu sempat tertunda pertengaha­n tahun ini. Saat itu, Heads of the Valley Developmen­t Company (HOTDVC), pengawas proyek tersebut, mengajukan permohonan pengalihan lahan di Rassau, Blaenau Gwent, lokasi sirkuit itu bakal dibangun.

Bersamaan dengan keluarnya persetujua­n tersebut, HOTDVC juga mengumumka­n penunjukan mantan CEO Bahrain Internatio­nal Circuit Martin Whitaker sebagai CEO Circuit of Wales. Penunjukan Whitaker akan memberikan keleluasaa­n kepada Michael Carrick untuk berfokus sebagai CEO HOTDVC, khususnya dalam aspek keuangan.

’’Rekam jejak Martin sudah berbi- cara banyak tentang dirinya. Dia adalah satu di antara sedikit orang yang menyelengg­arakan event motorsport tingkat internasio­nal dengan pengalaman di hampir seluruh tahapannya,’’ ujar Carrick sebagaiman­a dilansir Autosport. Pembanguna­n sirkuit baru tersebut akan dilengkapi taman teknologi dan fasilitas latihan.

Pengelola Circuit of Wales sudah gemuk dengan pengalaman dan pengetahua­n sebagai promotor MotoGP Inggris. Baik di Donington Park maupun di Silverston­e. ’’Saat kami berfokus kepada fase pembanguna­n, masukan dan pengalaman Martin akan sangat berharga untuk mengembang­kan potensi investasi pada ekonomi lokal sekaligus industri motorsport di Inggris Raya,’’ tambah Carrick. (cak/c4/ang)

 ?? DUDI ANUNG/RUMAGAPRES
HEINO KALIS/ REUTERS ?? KORBAN MACET: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono naik motor menuju Sirkuit Sentul untuk menyaksika­n A1GP pada 12 Februari 2006.
ngojek’’
peak season SEMOGA BELUM PENSIUN: Valentino Rossi adalah salah seorang pembalap yang pernah tampil di Sentul pada grand prix 1997.
owner
deadline
gence,
due dili-
DUDI ANUNG/RUMAGAPRES HEINO KALIS/ REUTERS KORBAN MACET: Presiden Susilo Bambang Yudhoyono naik motor menuju Sirkuit Sentul untuk menyaksika­n A1GP pada 12 Februari 2006. ngojek’’ peak season SEMOGA BELUM PENSIUN: Valentino Rossi adalah salah seorang pembalap yang pernah tampil di Sentul pada grand prix 1997. owner deadline gence, due dili-

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia