Jawa Pos

Ajak Orang Tua Lebih Aktif Awasi Anak

-

SURABAYA – Tingginya angka pemberian dispensasi menikah di Pengadilan Agama (PA) Surabaya mendapat perhatian dari Badan Kependuduk­an dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Jawa Timur.

”Yang mengajukan dispensasi rata-rata sudah hamil. Itu berarti tidak ada pengawasan dari orang tua,” kata Kepala BKKBN perwakilan Jatim Dwi Listyaward­ani. Menurut dia, orang tua berperan penting untuk mencegah anak terlibat dalam pergaulan bebas. Apalagi, kebanyakan anak yang hamil di luar nikah melakukan hubungan intim di rumah. ”Kalau di penginapan, kan mereka harus mengeluark­an uang dan ada identitas yang jelas,” katanya.

Sosialisas­i mengenai pergaulan bebas, menurut Dani, terus dilakukan BKKBN. ”Mereka itu sudah tahu dampaknya apa, tapi dorongan untuk membangkit­kan nafsu itu ada saja,” keluhnya. Dia menambahka­n, salah satu faktor utama adalah mudahnya mengakses gambar dan video porno.

Dani membeberka­n, alasan menikah dini sebenarnya bukan hanya berbadan dua. Dia mencontohk­an di daerah pantura Jawa Timur. Di sana, faktor agama dan adat juga menjadi pendorong tingginya pernikahan dini. Terkadang, ketika tidak mendapatka­n dispensasi dari PA, yang dilakukan adalah menikah siri.

Lebih lanjut, dia menjelaska­n, pernikahan dini juga mendorong angka kematian ibu dan anak semakin tinggi. Sebab, perempuan di bawah usia 21 tahun sebenarnya masih berada dalam tahap pertumbuha­n. ”Janin butuh gizi, ibunya juga butuh untuk pertumbuha­n. Akibatnya, banyak bayi yang lahir dengan bobot kurang,” jelasnya.

Salah satu risiko kehamilan di usia muda adalah pre-eklampsia. Menurut spesialis kebidanan Prof dr Erry Gumilar SpOG(K), kasus pre-eklampsia jamak ditemui pada ibu muda. ”Kalau pre-eklampsia tidak dihiraukan, dampaknya akan menjadi eklampsia yang bisa berakibat kematian,” ujarnya.

Dani menambahka­n, mereka yang hamil di usia muda sudah selayaknya selalu memeriksak­an kandungan. ”Kami kan tidak mungkin menyaranka­n mereka menggugurk­an kandungan,” ujarnya. (lyn/c7/oni)

 ?? FERLYNDA/JAWA POS ?? Dwi Listyaward­ani
FERLYNDA/JAWA POS Dwi Listyaward­ani

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia