Jawa Pos

Gelora Joko Samudro Tunggu Hasil Pilbup

-

GRESIK – Desember ini megaproyek Gelora Joko Samudro bakal rampung. Pembanguna­n stadion kebanggaan warga Gresik itu telah menelan anggaran Rp 284,8 miliar. Kelanjutan proyek monumental tersebut menunggu bupati terpilih hasil pemilihan bupati 2015.

Hingga kemarin (18/11), Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gresik mencatat, kemajuan proyek mencapai sekitar 81 persen. Proyek tahun jamak ( multiyear) sejak 2013 itu diperkirak­an selesai sesuai jadwal, akhir Desember 2015.

Kepala Bidang (Kabid) Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Gresik Achmad Wasil mengatakan, yang saat ini dikerjakan ialah pembanguna­n sarana dan prasarana di dalam stadion. ”Kami optimistis selesai sesuai kontrak,” ujarnya kemarin (18/11).

Apa saja sarana dan prasarana itu? Wasil menyebutka­n, ada perataan tempat atletik, parkir kendaraan, saluran air, dan empat gate untuk penonton ekonomi. ”Selain pintu masuk tribun terbuka, juga pembuatan pagar depan stadion,” katanya. Sebaliknya, gate kelas VIP sudah selesai karena melewati lantai 2 stadion.

Wasil menjelaska­n, pembanguna­n Gelora Joko Samudro memang belum bisa total selesai sesuai dengan maket. Di antaranya, semua tribun dibangun tertutup. ”Tahun ini tribun tertutupny­a hanya di sisi barat,” ungkapnya. Meski demikian, lanjut Wasil, stadion tersebut sudahsiapd­igunakanun­tukpertand­ingan sepak bola. Kapasitas penontonny­a masih 25 ribu orang.

Bagaimana kelanjutan 2016? Gelora Joko Samudro dibangun pada masa Bupati Sambari Halim Radianto, yaitu sejak 2013. Untuk kepastian tahun depan, Wasil menyatakan, dinas PU belum mengajukan anggaran lagi. ”Kami menunggu kebijakan bupati hasil pilbup,” katanya.

Dalam pengamatan Jawa Pos, sejumlah backhoe terlihat meratakan tanah untuk lapangan atletik. Dump truck masih terlihat hilir mudik bongkar muat material. Pagar dalam lapangan sudah berdiri tegak. Kondisi rumput stadion yang sudah soft opening pada 22 September 2015 itu terlihat rata. (yad/c10/roz)

 ?? CHUSNUL CAHYADI//JAWA POS ??
CHUSNUL CAHYADI//JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia