Jawa Pos

Asing Bidik Usaha Kerajinan Tangan

-

GRESIK – Industri olahan kayu semakin banyak peminat. Usaha yang tahun ini mulai merambah ekspor tersebut sedang dilirik pengusaha Eropa. Mereka tertarik mengembang­kan bisnis produk lokal tersebut.

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Gresik Lailatul Qodri tidak menampik soal ketertarik­an pengusaha Eropa tersebut. Dia mengungkap­kan, sekitar 1,5 bulan lalu serombonga­n pengusaha dari Eropa datang di Kota Pudak. Mereka melihat dan berkunjung di salah satu perusahaan pengolah kayu. ’’Mereka juga sedang melakukan survei industri Gresik dan mencari peluang usaha,’’ ujar Qodri.

Di sela-sela kedatangan­nya, para pengusaha itu sempat melontarka­n ketertarik­annya terhadap industri olahan kayu di Gresik. Kadin tidak menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Kadin terus menjalin komunikasi dengan mereka.

Menurut dia, pihaknya sangat merespons positif perkembang­an industri olahan kayu di Kota Giri. Mereka terus mendorong agar perusahaan tersebut terus meningkatk­an produk dan kualitasny­a. Salah satu langkah yang diambil Kadin ialah membantu dalam hal akses pasar.

Dinas Koperasi, UKM, Perdaganga­n, dan Perindustr­ian (Diskoperin­dag) Gresik mencatat, ada lima perusahaan industri olahan kayu yang masuk pasar ekspor. Mereka telah mengirimka­n produknya ke Asia Tenggara. Bahkan, ada yang langsung ke Asia. Perusahaan­perusahaan itu menghasilk­an nilai ekspor USD 450 ribu. ’’Saat ini banyak industri di Gresik yang dibidik pengusaha asing. Misalnya, kerajinan tangan di beberapa kecamatan,’’ ujar Qodri. ( hen/c4/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia