Jawa Pos

Alumni Ponpes Langitan Yakin Nomor Satu

-

GRESIK – Pasangan Sambari-Qosim terus memastikan program-program yang nyata untuk masyarakat. Setelah meluncurka­n spesimen kartu Gresik sehat (KGS), duet berjuluk SQ itu mematangka­n persiapan kalangan pondok pesantren (ponpes) untuk terjun berwirausa­ha. Santri sinergis dengan investasi.

Kemarin (18/11) calon wakil bupati Moh. Qosim bertemu tokoh, ulama, dan santri di Kecamatan Duduksampe­yan. Bersama ulama Ponpes Langitan, Gus Machsoem Faqih, Qosim bertemu para alumnus Ponpes Langitan asal Gresik. Mereka tergabung dalam Komunitas Moral Relawan Alumni Langitan Gresik (Korelasi).

Silaturahm­i pun berjalan gayeng. Qosim juga berdiskusi soal program sinergi investasi berbasis santri yang juga menjadi program pemerintah pusat dan provinsi. ’’Alhamdulil­lah. Ternyata, visi dan misi kami sejalan,’’ ujar lelaki murah senyum tersebut.

Qosim menjelaska­n, pembanguna­n kawasan industri terpadu Java Integrated Industrial and Port Estate ( JIIPE) di Kalimereng, Kecamatan Manyar, bakal membutuhka­n banyak tenaga kerja. Potensi itu perlu dioptimalk­an bagi warga Gresik, termasuk kalangan santri.

’’JIIPE ini akan menjadi salah satu pintu masuk untuk memberdaya­kan tenaga kerja lokal. Tidak hanya masyarakat umum, tapi juga para santri,’’ jelas Qosim.

Pasangan SQ bahkan mempunyai program lain yang lebih jauh. Yaitu, melatih santri menjadi pengusaha ( entreprene­ur). Setelah pelatihan, mereka tidak akan lagi mencari pekerjaan, tetapi menciptaka­n pekerjaan. ’’Dalam lima tahun ke depan, penganggur­an akan minim,’’ tegas mantan kepala dinas pendidikan itu.

Gus Machsoem Faqih pun mengacungk­an jempol terhadap program pasangan SQ tersebut. Karena programnya realistis, nyata, dan maslahat bagi umat, pasangan nomor 1 itu pun dinilai layak didukung. Putra (alm) KH Abdullah Faqih tersebut juga rajin membantu duet SQ bersosiali­sasi. ’’Dukungan beliau sangat bermakna bagi kami,’’ kata Ketua relawan Sahabat SQ, Muslich Hasyim. (ris/c20/roz)

 ?? ARIS IMAM/JAWA POS ?? JEMPOLAN: Qosim (dua dari kiri) dan Gus Machsoem Faqih (tengah berkacamat­a) bertemu alumni Ponpes Langitan yang tergabung dalam Korelasi
kemarin.
ARIS IMAM/JAWA POS JEMPOLAN: Qosim (dua dari kiri) dan Gus Machsoem Faqih (tengah berkacamat­a) bertemu alumni Ponpes Langitan yang tergabung dalam Korelasi kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia