Jawa Pos

Tidak Mengenal Kata Tua

-

BAGI Grup Rukun dan Sehat, manfaat olahraga dan kumpul bersama tidak hanya untuk mencari sahabat. Lebih dari itu, mereka sering bersua demi menjaga diri agar tetap awet muda. Sebagian besar anggota telah berumur 50 plus, bahkan ada yang kepala enam, tidak mengenal kata tua.

Setiap hari mereka selalu merasa muda. ’’Bertemu, kumpul bersama seperti ini bisa hilangkan stres,’’ ucap Melinda Ho. Perempuan 63 tahun itu merupakan yang paling aktif mengumpulk­an rekan-rekan untuk bersua. Setiap pekan, saat ada kegiatan line dance lapangan, nenek dua cucu itu aktif menginform­asikan ke rekan.

Bahkan, ketika waktunya arisan, dia juga paling sibuk menyiapkan segala keperluan. Melinda juga yang paling ramai dalam pertemuan. ’’Dari dulu, teman kami ini seperti itu,’’ kata Christin, salah seorang anggota lainnya.

Perempuan 63 tahun tersebut pun menyatakan senang dengan kegiatan grup yang rutin diselengga­rakan. Bukan sekadar kumpul untuk makan, tetapi juga olah badan. Berkat kegiatan positif yang dilakukan bersama teman, sampai sekarang Chistin pun awet muda. Badannya juga tetap langsing seperti dulu.

’’Pokoknya kami di sini tujuannya sama, untuk sehat dan berteman yang rukun,’’ papar Melinda. Para anggota tidak pernah mencampuri urusan pribadi setiap anggota. Mereka juga tidak menggunjin­g anggota maupun orang lain.

Bagi mereka, bertemu untuk membahas hal yang mengasyikk­an seperti topik kesehatan merupakan hal membahagia­kan. Termasuk berbagi cerita tentang polah cucu tercinta. ’’ Tidak ada yang soal rahasia pribadi,’’ jelasnya.

Hal yang di- kepoin para anggota tentu berhubunga­n dengan kesehatan. Salah sa tunya resep menurunkan berat badan. Misalnya, yang dilakukan Melinda. Dia te lah berhasil memangkas bobot tubuhnya 10 kilogram dalam waktu sekitar empat bulan. Caranya, mengatur pola makan, mengonsums­i makanan bernutrisi, dan rajin berolahrag­a. ( may/ c15/ ai)

AKRAB BAK SAUDARA : Ketika bertemu, anggota komunitas saling

cipika-cipiki.

 ?? ARYA DHITYA/JAWA POS ?? kepo-kepoan
ARYA DHITYA/JAWA POS kepo-kepoan

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia