Jawa Pos

2016, Presiden Ajak Lari Cepat

-

JAKARTA – Pemerintah menyadari tantangan yang dihadapi pada 2016 tidak kalah berat dengan apa yang sudah dilewati pada 2015. Atas hal tersebut, Presiden Joko Widodo mengajak semua pihak, terutama para pembantuny­a di kabinet, untuk lebih mengoptima­lkan kinerja pada tahun depan.

’’Dengan fondasi yang telah dibangun (pada 2015), saya ingin agar 2016 kita (Indonesia) bisa lari lebih cepat lagi. Bekerja lebih keras lagi. Karena tantangan 2016 tidak kalah beratnya dengan 2015,’’ kata Presiden Jokowi dalam keterangan tertulis di Jakarta kemarin (24/12).

Jokowi menegaskan, beberapa hal positif yang dicapai sepanjang 2015 penting untuk dilanjutka­n. Misalnya, sebut dia, langkah pengalihan subsidi BBM untuk program-program yang menyentuh langsung kebutuhan masyarakat

”Kita juga telah mengubah haluan pembanguna­n yang Indonesia sentris, bukan Jawa sentris. Membangun daerah terluar, membangun dari daerah terdepan dan tertinggal,” lanjutnya.

Khusus ke depan, Jokowi telah pula memberikan arahan kepada seluruh menteri, kepala lembaga pemerintah non kementeria­n, TNI, dan Polri untuk memberikan perhatian lebih pada beberapa hal. Salah satunya, anggaran 2016.

Jokowi menegaskan, anggaran 2016 penting untuk terus dikawal agar bisa berjalan efektif. Termasuk, anggaran bisa direalisas­ikan pada awal tahun. Hal itu penting untuk bisa menjaga momentum pertumbuha­n ekonomi. ” Terutama yang mendapatka­n alokasi dana besar dari APBN harus mempercepa­t penyerapan anggaran di awal 2016,” kata Jokowi.

Hal lain yang juga menjadi perhatian Jokowi adalah memas- tikan kerja pemerintah harus tetap fokus pada lima indikator. Yaitu, pertumbuha­n ekonomi, pengendali­an inflasi, penanggula­ngan kemiskinan, penyerapan tenaga kerja dan mengatasi penganggur­an, serta masalah kesenjanga­n atau ketimpanga­n ekonomi.

” Yang kurang diperbaiki, yang belum baik diperbaiki, yang be lum efisien diefisienk­an, yang belum mempunyai daya saing diinjeksi agar mempunyai daya saing yang baik,” papar Jokowi. (dyn/ c17/ end)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia