Jawa Pos

Basarnas Temukan 56 Korban Tewas

Tragedi Marina Baru 02

-

JAKARTA – Korban tenggelamn­ya KM Marina Baru 02 di Teluk Bone, Sulawesi, terus bertambah. Badan SAR Nasional (Basarnas) berhasil menemukan 56 korban lain kemarin (24/12).

Direktur Operasi dan Latihan Basarnas Ivan Titus menuturkan, korban ditemukan cukup jauh dari titik awal rute Kolaka (Sulawesi Tenggara)–Siwa (Sulawesi Selatan), lokasi tenggelamn­ya kapal tersebut. Mereka ditemukan di perairan Tobaku–Pakue– Malili– Wotu–Tanjung Ringgit, Sulawesi. Diduga, mereka terbawa arus dan ombak yang cukup besar.

Penemuan sebagian besar korban itu dibantu para nelayan yang tengah menangkap ikan. ”Hingga pukul 18.00 WIB Kamis (24/12), jumlah korban yang ditemukan 103,” tuturnya.

Jumlah tersebut, terang dia, terdiri atas 40 orang dalam kondisi selamat dan 63 korban meninggal. Sebelumnya, Basarnas merilis jumlah yang ditemukan hingga Rabu (23/12), yakni 47 orang. Perinciann­ya, 40 orang selamat dan 7 lainnya tewas. Sedangkan 56 korban KM Marina Baru 02 yang baru dievakuasi kemarin sudah tak bernyawa.

Ivan menyampaik­an, seluruh korban meninggal sudah dibawa ke rumah sakit. Mereka tersebar di beberapa rumah sakit di Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan. Perinciann­ya, 1 mayat dibawa ke Rumah Sakit (RS) Pinrang, 2 jenazah dikirim di RS Kolaka, 17 korban tewas dibawa ke RS Siwa, 40 jenazah ditempatka­n di RS Lasusua, dan 3 korban meninggal dikirim ke RS Wotu.

Kekhawatir­an akan kondisi para korban tersebut sebelumnya diungkapka­n Kepala Basarnas F.H.B. Soelistyo. Menurut dia, manusia akan sulit bertahan dalam kondisi terombang-ambing di lautan jika lebih dari tiga hari. Apalagi dalam kondisi stres berat dan tanpa persiapan. Hal itu terbukti dengan temuan para korban tersebut.

Pencarian korban tenggelamn­ya KM Marina Baru 02 sudah memasuki hari kelima menurut Basarnas. Dengan demikian, pencarian akan diteruskan hingga dua hari ke depan sebelum dilakukan evaluasi pada hari ketujuh. Evaluasi pencarian akan dirapatkan untuk mengetahui kondisi lapangan dan seluruh kendala. Dengan begitu, akan diputuskan operasi dilanjutka­n atau tidak.

Saat ini tim SAR masih berusaha mencari korban yang tersisa. Dari manifes yang dipegang tim SAR, ada 116 orang yang menumpang KM Marina Baru 02 pada Sabtu lalu (19/12). Dengan begitu, masih ada 13 korban yang belum ditemukan.

Dalam pencarian, telah dikerahkan satu pesawat CN 235 milik TNI-AU, satu unit helikopter SAR Dauphin HR 3602, KM Marina Express, KN Pacitan milik Basarnas, KM 210, KMP 5144 Perhubunga­n Laut, dan enam perahu karet. Semuanya dikerahkan untuk menyisir pantai di sekitar Teluk Bone dengan area seluas 128 km persegi. (mia/c11/end)

 ?? ALDY MUCHLIS/PALOPO POS/JPG ?? BERJIBAKU: Tim Basarnas mengevakua­si jenazah para korban tenggelamn­ya KM Marina Baru 02 di Pelabuhan Tanjung Ringgit, Palopo.
ALDY MUCHLIS/PALOPO POS/JPG BERJIBAKU: Tim Basarnas mengevakua­si jenazah para korban tenggelamn­ya KM Marina Baru 02 di Pelabuhan Tanjung Ringgit, Palopo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia