Jawa Pos

Parlemen Berharap Dukungan Presiden

DPR Galang Kekuatan Bentuk Pansus Freeport

-

JAKARTA – Rencana sejumlah anggota DPR membentuk panitia khusus (pansus) hak angket Freeport terus bergulir. Selain dukungan dari fraksi, langkah tersebut diharapkan didukung pemerintah, dalam hal ini Presiden Joko Widodo ( Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

”Ini momentumny­a. Sekarang telah terbuka di depan mata kita semua adanya suatu kejadian yang sangat penting bagi keberlangs­ungan kita sebagai bangsa,” kata Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah di Jakarta kemarin (24/12).

Menurut Fahri, operasi tambang yang dilakukan Freeport selama ini memiliki efek yang kompleks dan signifikan. Bukan hanya dari sisi ekonomi, melainkan juga sosial dan politik. ”Selama 50 tahun beroperasi di Indonesia, Freeport selalu menimbulka­n masalah dan isu-isu. Karena itu, penting bagi presiden dan Wapres ikut mendukungn­ya,” tutur politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Fahri mengatakan, Jokowi maupun JK tidak perlu takut. Sebab, pembentuka­n pansus akan mempermuda­h langkah-langkah yang harus diambil pemerintah dalam mempersiap­kan transisi pengelolaa­n tambang Freeport dari pihak Amerika Serikat (AS) ke Indonesia. ”Jika presiden dan Wapres tidak ikut mendukung investigas­i yang akan dilakukan DPR melalui pansus angket, justru bisa menuai kecurigaan publik,” ujarnya.

Apalagi, selama ini nama presiden dan Wapres mulai banyak disebut-sebut. Seolaholah keduanya terlibat secara langsung maupun tidak langsung dalam proses perpanjang­an izin Freeport yang telah memunculka­n polemik. ”Jadi, pansus ini juga untuk menghindar­i fitnah. Ini jalan terbaik sehingga nama presiden dan Wapres bisa dibersihka­n,” kata Fahri.

Hingga sebelum dimulainya masa reses DPR pada 18 Desember, upaya menggalang tanda tangan dukungan pembentuka­n Pansus Freeport telah dimulai. Sesuai ketentuan UU, usulan pembentuka­n bisa diproses jika minimal diajukan 25 anggota DPR dari dua fraksi berbeda. ”Saya termasuk yang tanda tangan. Saya berharap seluruh partai politik punya komitmen yang sama,” kata Fahri. (dyn/c6/ca)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia