Jawa Pos

Nilai Pemerintah Gagal Capai Target Ekonomi

-

JAKARTA – Partai Persatuan Indonesia (Perindo) mengkritik tajam pemerintah. Jokowi-JK dituding gagal memenuhi target bidang ekonomi yang dicanangka­n dalam APBN.

’’Hingga 1 Desember, nyaris semua di bawah target,’’ kata Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedi­bjo di kantor DPP Partai Perindo, Menteng, Jakarta, kemarin (24/12).

Indikasiny­a, jelas Hary, bisa dilihat dari melesetnya target pertumbuha­n ekonomi 5,7 persen. Hingga kuartal ketiga, pertumbuha­n mentok di angka 4,7 persen.

Selain itu, target kurs rupiah terhadap dolar yang diproyeksi­kan berkisar Rp 12.500 tidak terpenuhi. Realisasin­ya justru hampir menyentuh Rp 14.000. Daya beli masyarakat pun tertekan karena banyaknya kebutuhan pokok yang berasal dari impor.

Kondisi yang sama tampak melalui indikator kemiskinan dan penganggur­an. Jumlahnya secara nasional meningkat daripada tahun sebelumnya. ’’Kondisi ekonomi tidak sesuai dengan harapan. Banyak yang jauh di luar ekspektasi,’’ tegas Hary mengkritik.

Untuk memperbaik­i kondisi ekonomi nasional, dia meminta Jokowi-JK melakukan perubahan arah kebijakan pada 2016. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memberikan dukungan akses modal dan proteksi kepada UMKM.

’’Apabila UMKM didorong dan penghasila­n mereka membaik, kesenjanga­n sosial menyempit dan perekonomi­an meningkat,’’ jelas politikus sekaligus pengusaha itu.

Dia juga mendesak para pejabat negara untuk meredam kegaduhan politik. Selain untuk memberikan teladan, stabilitas diperlukan untuk menciptaka­n iklim investasi yang kondusif. (far/c5/pri)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia