Jawa Pos

Harga Tiket Pesawat Naik 100 Persen

Pengusaha Minta Menhub Kendalikan

-

JAKARTA – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2016, hargaharga tiket pesawat di kawasan timur Indonesia melonjak hingga 100 persen dari harga normal. Karena itu, Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) meminta pemerintah dan maskapai menambah penerbanga­n ke kawasan timur Indonesia (KTI).

’’Lonjakan luar biasa sampai 100 persen dari harga normal. Kami minta Pak Menhub menambah penerbanga­n ke KTI. Ini harus dapat dikendalik­an pemerintah. Jadi, naiknya jangan gilagilaan seperti sekarang,’’ ujar Ketua Bidang Keanggotaa­n dan Organisasi Hipmi Anggawira kemarin (24/12).

Anggawira menyatakan, berdasar laporan dari badan pengurus daerah sekawasan timur Indonesia, harga tiket pesawat merangkak signifikan dari harga normal sejak 20 Desember 2015. ’’Puncaknya Kamis, 24 Desember (kemarin, Red), harga tiket sudah melambung mencapai harga tertinggi,’’ jelasnya.

Dalam pantauanny­a, misalnya, harga tiket Jakarta ke sejumlah kota di Papua, terendah saja, dibanderol Rp 7 juta sampai Rp 8 juta. Padahal, harga normalnya hanya Rp 3 juta sampai Rp 4 juta. ’’Penerbanga­n antarkota di Papua juga mengalami kenaikan hampir 100 persen. Bahkan, ada yang melebihi 100 persen,’’ katanya.

Hipmi meminta agar pemerintah menertibka­n kenaikan itu dengan menambah penerbanga­n ke KTI. ’’Penerbanga­nnya harus ditambah. Jauh hari sebenarnya ini sudah harus diantisipa­si pemerintah. Penerbanga­n yang tidak padat penumpang di kawasan barat dialihkan saja ke KTI,’’ sebutnya.

Anggawira menuturkan, lonjakan harga itu sangat memberatka­n umat kristiani yang merayakan Natal di Papua dan KTI lain. ’’Natal seharusnya membawa sukacita bagi saudara kita yang merayakan. Ini malah harga tiket melambung tinggi,’’ lanjutnya.

Kenaikan tersebut, kata Anggawira, juga akan berdampak pada inflasi di KTI. Hal itu menambah berat perekonomi­an di KTI karena selama ini inflasinya selalu di atas rata-rata nasional. ’’Di KTI ini kan infrastruk­turnya lemah. Biaya logistik juga tinggi. Otomatis ini akan memicu inflasi lagi di akhir tahun,’’ paparnya. (wir/c23/tia)

 ?? FRIZAL/JAWAPOS ?? MELAMBUNG: Pedagang memilah cabai di Pasar Keputran, Surabaya. Harga cabai menjelang tutup tahun terus menanjak.
FRIZAL/JAWAPOS MELAMBUNG: Pedagang memilah cabai di Pasar Keputran, Surabaya. Harga cabai menjelang tutup tahun terus menanjak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia