Jawa Pos

Kontribusi MPV Terus Membesar

-

SURABAYA – Di tengah lesunya penjualan mobil tahun ini, Suzuki masih mampu meningkatk­an share penjualan multi purpose vehicle (MPV). PT United Motors Centre mencatat share New Ertiga tahun ini di Jawa Timur meningkat tipis.

’’ Tahun lalu share- nya hanya 20 persen untuk New Ertiga. Tahun ini justru terjadi peningkata­n di angka 22 persen,’’ kata Marketing Manager UMC Yuanita Christanti kemarin (24/12).

Itulah salah satu capaian yang menggembir­akan di tengah turunnya market MPV 25 persen tahun ini. ’’Berdasar data dari penjualan periode Januari– November 2015, penjualan Suzuki memang didominasi New Ertiga dengan porsi 50 persen. Lalu, disusul pikap 30 persen,’’ terangnya.

Penjualan Karimun Wagon mencapai 12 persen. Total penjualan Suzuki di Jatim untuk Januari sampai November mencapai 12.501 unit. Suzuki menargetka­n tahun ini terjual 13.500 unit.

’’Angka itu memang masih belum sesuai dengan target. Tapi, kami optimistis bisa tercapai sampai akhir tahun. Beberapa pameran yang diikuti, baik di regional maupun nasional, cukup membantu menarik pembeli untuk melakukan transaksi,’’ ujar dia.

Yuanita mengungkap­kan, dalam GIIAS Surabaya Auto Show 2015, Suzuki mampu meraih penjualan 155 unit. ’’Angka itu melebihi target kami. Target awal penjualan di GIIAS hanya 100 unit,’’ tuturnya.

Dalam GIIAS, New Ertiga terjual 105 unit dan Karimun Wagon 20 unit. Lalu, ada APV 1 unit, Ciaz 2 unit, dan pikap 18 unit. Swift, Splash, dan Celerio masing-masing terjual 3 unit.

Tahun depan kontribusi terbesar masih diharapkan datang dari New Ertiga sebesar 50 persen. Disusul pikap 30 persen dan Wagon R 12 persen. ’’Asumsinya, memang pasar tahun depan tidak jauh beda kalau dibandingk­an dengan 2015. Masyarakat masih berhati-hati membelanja­kan uang,’’ tandasnya. (vir/c14/oki)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia