Jawa Pos

Kunjungi Kamp Pengungsia­n di Lesbos hingga Galang Dana

Penolakan atas masuknya pengungsi asal Syria di Amerika Serikat (AS) cukup kuat. Di sisi lain, banyak pihak yang ingin menolong para korban perang tersebut. Termasuk para artis papan atas Hollywood. Artis-Artis Hollywood Berkampany­e Bela Imigran

-

NATAL seharusnya dihabiskan untuk berkumpul bersama keluarga. Namun, artis Susan Sarandon, 69, justru memilih datang ke Pulau Lesbos, Yunani, untuk membantu para pengungsi. Pulau Lesbos adalah pintu masuk utama yang dituju para pengungsi Syria yang menempuh jalur laut. Puluhan hingga ratusan pengungsi tiba di pulau tersebut setiap hari.

’’Saya berharap bisa membuat para pengungsi ini memiliki suara sehingga kita bisa paham. Orang-orang ini sama dengan kita. Mereka ingin anak-anaknya selamat dan memiliki masa depan,’’ tulis Sarandon di Huffington Post dan RYOT News.

Artis pemenang Oscars dalam film Dead Man Walking itu memang sengaja menulis pengalaman­nya di media sebagai bentuk kampanye kepedulian terhadap para pengungsi. Kakek dan nenek Sarandon adalah imigran dari Italia. Karena itu, dia paham rasanya menjadi orang asing di negara lain. Terlebih, selama ini Sarandon memang terkenal mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Dia menjadi duta persahabat­an Unicef pada 1999 dan meraih Action Against Hunger’s Humanitari­an Award (2006).

Aktor Mandy Patinkin dan Edward Norton memberikan dukungan yang sama. Patinkin, aktor dalam serial televisi Homeland, mengunjung­i Lesbos awal bulan ini. Dia tidak setuju dengan sikap berbagai pihak yang memojokkan para pengungsi. Terutama dari kandidat calon presiden Partai Republik Donald Trump yang belakangan gemar berkampany­e untuk memblokade para pengungsi masuk ke AS.

’’Kebencian dan ketakutan yang ’dijual’ orang yang mencalonka­n diri sebagai presiden AS itu sangat menyesatka­n,’’ ujar Patinkin saat hadir dalam acara Late Show bersama Stephen Colbert.

Aktor Edward Norton menunjukka­n aksi nyata dengan menggalang dana USD 460 ribu (Rp 6,3 miliar) bagi pengungsi Syria. Aktor utama di film The Incredible Hulk tersebut terenyuh setelah membaca kisah para pengungsi Syria dalam website Humans of New York. Salah satunya adalah kisah tentang ilmuwan Syria yang kehilangan tujuh anggota keluargany­a dua tahun lalu karena bom. Termasuk istri dan anaknya. Pria itu kini tinggal di Turki dan akan pindah ke Negara Bagian Michigan, AS.

Bukan hanya bintang-bintang Amerika yang peduli. Hal serupa dilakukan jajaran aktris dan aktor papan atas di Eropa. Misalnya saja, aktor Inggris David Morrissey dan Benedict Cumberbatc­h. Morrissey telah mengunjung­i Lesbos musim panas ini bersama Badan Pengungsi PBB (UNHCR). ’’Kita tidak bisa menutup mata soal hal ini,’’ tandasnya. (AFP/sha/c14/tia)

 ?? REUTERS/MICHAELA REHLE ?? MASA DEPAN: Pengungsi Syria Sulaiman Touba (kiri) dan sepupunya, Khalil, menghias kamar di Muenchen, Jerman.
REUTERS/MICHAELA REHLE MASA DEPAN: Pengungsi Syria Sulaiman Touba (kiri) dan sepupunya, Khalil, menghias kamar di Muenchen, Jerman.
 ?? AFP/JUSTIN TALLIS ?? ARTIS PEDULI: Benedict Cumberbatc­h.
AFP/JUSTIN TALLIS ARTIS PEDULI: Benedict Cumberbatc­h.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia